Jumat, 19 April 2024

Petinju Indonesia Finalis Olimpiade Barcelona Meninggal Dunia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan

Albert Papilaya Petinju Indonesia meninggal dunia pada Minggu (18/4/2021) pukul 00.45 WIB atau 02.45 WIT di Ternate, Maluku Utara setelah sebelumnya menjalani perawatan intensif di IGD RSUD Dr. H. Chasan Boesoerie.

Petinju yang mencapai perempatfinal Olimpiade 1992 Barcelona ini juga merupakan aparat kepolisian berpangkat Komisaris Polisi (Kompol).

Ucapan bela sungkawa berdatangan dari berbagai pihak, seperti Mahfudin Nigara wartawan senior yang saat ini menjadi Staf Khusus Menpora Zainudin Amalai dan Realini Nonnie Rering.

“Sebagai wartawan senior yang mengenal Albert Papilaya, saya ikut berduka yang dalam atas wafatnya sahabat, adik, dan at;et nasional kita. Semoga amal ibadahnya di terima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan Iman,” kata Mahfudin Nigara yang juga pengamat tinju.

“Mengenal baik dan dekat dengan Bung Albert Papilaya sejak 1987, di Pusdiklat, Karangpanjang Ambon. Tenang dan jeli membawanya berprestasi ciamik di pentas tinju nasional. Karier pun cemerlang sebagai aparat negara. Bung Sudah lakukan yang terbaik untuk Ibu Pertiwi hingga Minggu (18/4), tepat pukul 02.45 WIT atau 00.45 WIB, Sang Pemilik Hidup memanggil Bung setelah lewati sakit di RSU Ternate, selamat jalan Bung, Kompol Albert Papilaya,” tulis Nonnie yang dilansir Antara.

“Indonesia kehilangan salah satu pahlawan terbaik. Damailah di sana bersama-Nya. Tuhan sayang dan kuatkan Usi Jet Florence Nanere dan duo ganteng, kk Stevenson dan ade Sugar Ray. Usi Jet sayaaaang….beta ikut sediiiih luar biasa Usiku, tetap kuat Tuhan paliiiingsayang Bung (ditutup emoji menangis),”

Albert Papilaya cukup bersinar dengan sederet prestasi selama menjadi Atlet. Salah satunya di Olimpiade Barcelona. Dia turun di kelas 75 kg.

Petinju kelahiran Tobelo, Maluku Utara, 15 September 1967 merupakan legenda tinju amatir Indonesia yang meraih banyak prestasi di antaranya ialah empat medali emas di PON, tujuh medali emas SEA Games dan meraih prestasi di Piala Presiden.

Albert Papilaya juga bertugas di Polda Metro Jaya sebelum akhirnya pulang ke kampung halamannya di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara awal Maret lalu.(ant/frh/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs