Rabu, 24 April 2024

PSSI Putuskan Sistem Baru Liga 1 Musim 2021-2022

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Iwan Budianto Wakil Ketua Umum PSSI (tengah) beserta jajaran Komite Eksekutif serta Yunus Nusi Sekjen PSSI (kedua dari kanan) memaparkan hasil Kongres Biasa PSSI di Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Foto: Antara

Kongres Biasa PSSI memutuskan tiga hal soal pelaksanaan Liga 1 musim 2021-2022 yaitu berlangsung ‘bubble to bubble’, ada total 306 laga dan ada promosi-degradasi yang digelar di Jakarta.

“Liga 1 tetap berlangsung dengan format liga. Ada 306 pertandingan, tetapi sistemnya berbeda dengan sebelumnya yaitu ‘bubble to bubble’,” ujar Iwan Budianton Wakil Ketua Umum PSSI usai kongres, dilansir dari Antara, Sabtu (30/5/2021).

Konsep ‘bubble to bubble’ atau gelembung ke gelembung, kata Iwan, akan membagi Liga 1 menjadi enam seri yang digelar di tiga klaster di Pulau Jawa dan diprakirakan masih tanpa penonton.

Klaster pertama meliputi Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta. Klaster kedua Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga Jawa Timur.

Nantinya, seri satu akan berlangsung di klaster pertama, seri dua di klaster kedua, seri ketiga di klaster ketiga. Lalu berlanjut ke seri keempat yang tetap di klaster ketiga, lalu seri kelima di klaster kedua dan seri keenam atau terakhir kembali lagi ke klaster pertama.

“Setelah menyelesaikan satu seri yang berlangsung sekitar 1,5 bulan, setiap tim mendapatkan libur beberapa minggu untuk berlatih dan bisa juga menghilangkan kejenuhan. Kemudian, mereka bertanding lagi di seri berikutnya,” tutur Iwan.

Ia mengatakan selama berkompetisi, para pemain akan tinggal di hotel yang berada di klaster pertandingan dan biaya akan ditanggung PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk memudahkan PPSI dan LIB memantau pelaksanaan prtokol kesehtaan pencegahan Covid-19.

Pihaknnya juga mengungkapkan bahhwa Liga 1 diprakirakan mundur dan akan dimulai pada 10 Juli 2021.

“Namun, target selesainya tetap Maret 2022,” tambahnya.

Sementara soal promosi-degradasi, hal itu sebelumnya sudah disepakati oleh PSSI akan tetap ada di Liga 1 dan 2.

Akan tetapi, Direktur Operasiomal LIB Sudjarno menyebut bahwa belum diputuskan tentang berapa jumlah klub yang akan degradasi dari Liga 1 dan promosi dari Liga 2.

“Kalau jumlahnya belum diputuskan. Regulasinya akan dirumuskan lagi oleh PSSI,” ujar Sudjarno.

Berikut format seri di Liga 1 Indonesia musim 2020-2021.

Klaster 1: Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta.
Klaster 2: Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
Klaster 3: Jawa Timur.

Daftar Seri:

Seri Pertama: Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta (klaster 1).
Seri Kedua: Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (klaster 2).
Seri Ketiga: Jawa Timur (klaster 3).

Seri Keempat: Jawa Timur.
Seri Kelima: Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
Seri Keenam: Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta.(ant/frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs