Jumat, 14 Mei 2021

LIB Kaji Potensi Kehadiran Penonton di Liga 1 dan 2 saat Pandemi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas PT Liga Indonesia Baru (LIB) memeriksa kelengkapan Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGRP) saat proses verifikasi di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (20/4/2019). Foto: Antara

Akhmad Hadian Lukita Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengatakan, LIB mengkaji soal potensi kehadiran penonton pada Liga 1 dan Liga 2 saat pandemi seperti diutarakan Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (MenkoPMK).

“Kami sedang menghitung-hitung kemungkinan itu. Kami pun terus berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan, yang perwakilannya selalu hadir di setiap laga Piala Menpora, dan mereka juga ikut mengkajinya,” ujar Akhmad Hadian seperti dilaporkan Antara, Senin (13/4/2021).

Muhadjir Effendy MenkoPMK, setelah meninjau pelaksanaan Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Sabtu (10/4/2021), meminta kepada PSSI untuk mempelajari dan membuat proposal agar Liga 1 dan 2 musim 2021 dapat dihadiri penonton sejumlah 20-30 persen dari kapasitas maksimal stadion.

Menurut Akhmad Hadian, kebijakan untuk mempersilakan penonton dengan jumlah tertentu hadir di stadion saat pandemi Covid-19 bisa saja dikeluarkan. Namun, hal tersebut memerlukan pertimbangan yang serius terutama dari segi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Prosedur medis, lanjut Akhmad Hadian, harus lebih ketat daripada saat kompetisi tanpa penonton. Penyesuaian dari segi infrastruktur juga harus diperhatikan seperti tentang digitalisasi pemesanan tiket dan pemutakhiran terobosan basis data.

Soal lain yang menjadi perhatian adalah pengendalian pandemi misalnya dengan vaksinasi Covid-19.

Jadi kami mesti membuat berbagai skenario dan memprediksi dampaknya, tanpa atau dengan penonton. Tentu akan ada protokol kesehatan khusus jika ada penonton. Namun, sementara, rencana utama untuk liga tetap tanpa penonton karena belum semua masyarakat divaksin, tutur Akhmad Hadian.

Penyelenggaraan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021 masih belum dapat dipastikan lantaran belum keluarnya izin keramaian dari Polri. LIB dan PSSI masih akan mengajukan proposal permohonan izin tersebut kepada pihak kepolisian pada pertengahan April 2021.

Terkait itu, Akhmad Hadian memastikan bahwa terbitnya izin liga sangat bergantung pada lancarnya pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021, terutama dari sisi pencegahan dan penanggulangan Covid-19.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Jumat, 14 Mei 2021
28o
Kurs