Sabtu, 29 Januari 2022

Puan: Venue PON Harus Terus Dimanfaatkan untuk Rakyat Papua

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI saat peresmian venue PON XX secara simbolis dilakukan di Gedung Istora Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/20/2021). Foto: Istimewa

Puan Maharani Ketua DPR RI mendampingi Joko Widodo Presiden meresmikan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Dia berharap agar berbagai arena tempat berlangsungnya PON terus dirawat meski event olahraga nasional itu sudah berakhir.

Peresmian venue PON XX secara simbolis dilakukan di Gedung Istora Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/20/2021). PON Papua sendiri akan resmi dibuka malam nanti, dan pelaksanaannya berlangsung hingga 12 Oktober mendatang.

“Pembangunan fasilitas olahraga dalam rangka pelaksanaan PON di Provinsi Papua akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua,” kata Puan.

Puan mengingatkan agar seluruh venue PON harus mendatangkan sebanyak-banyaknya manfaat bagi rakyat. Puan menyebut, jangan sampai pembangunan dengan nilai yang besar menjadi sia-sia dan hanya digunakan saat PON berlangsung.

“Pasca-perhelatan PON seluruh fasilitas olah raga yang dibangun dengan triliun-an rupiah uang rakyat ini, harus dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat Papua,” tegasnya.

Bukan tanpa alasan Puan mengingatkan hal tersebut. Sebab selama ini banyak venue yang dibangun untuk pelaksanaan PON, pada akhirnya kurang dimanfaatkan setelah pesta olahraga empat tahunan itu berakhir.

“Belajar dari pengalaman sebelumnya di Provinsi lain, pasca-pelaksanaan PON, fasilitas olahraga yang dibangun itu hanya menjadi saksi bisu perhelatan PON,” kata Puan.

“Setelah itu kondisinya terbengkalai dan tidak terawat, bahkan menjadi beban bagi pemerintah daerah setempat karena tingginya biaya pemeliharaan fasilitas tersebut,” imbuhnya.

Ada 7 venue PON XX yang diresmikan Jokowi Presiden, yaitu Arena Akuatik, Arena Panahan yang berada di Istora Papua Bangkit. Kemudian Arena Cricket dan Arena Hoki (outdoor-indoor) di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Selanjutnya Arena Sepatu Roda di Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura dan Arena Dayung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura. Pembangunan di 7 lokasi tersebut menggunakan APBN di Papua.

“Berbagai lokasi olahraga ini kita harapkan juga bisa menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD),” jelasnya.

Puan menyebut, berdirinya berbagai arena perhelatan PON bukan sekadar membangun fasilitas olahraga baru di Papua. Menurut Puan, infrastruktur olahraga di sejumlah daerah di Provinsi Papua itu juga sebagai upaya membangun semangat persatuan kebangsaan Indonesia.

“Karena acara olahraga seperti PON turut menguatkan rasa persaudaraan kita,” tuturnya.(faz/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Sabtu, 29 Januari 2022
25o
Kurs