Rabu, 8 Mei 2024

Ratusan Ribu Makanan untuk Staf Olimpiade Tokyo Terbuang Sia-sia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi: Jembatan Pelangi dan Menara Tokyo bercahaya dengan warna Olimpiade untuk memperingati hitung mundur 100 hari menuju Olimpiade Tokyo 2020 yang telah ditunda ke tahun 2021 akibat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19), di Tokyo, Jepang, Rabu (14/4/2021). Foto: Reuters/Issei Kato

Panitia Penyelenggara Olimpiade Tokyo mencatat setidaknya sebanyak 130.000 makanan yang telah dipesan sebelumnya untuk relawan dan anggota staf olimpiade terbuang sia-sia dalam satu bulan, hingga 3 Agustus 2021.

Jumlah itu kira-kira seperempat dari seluruh makanan yang disiapkan selama periode tersebut di 20 tempat pertandingan Olimpiade. Pesta olahraga multievent dunia yang berakhir pada 8 Agustus lalu itu berlangsung di 42 tempat, di dalam dan di luar ibu kota Jepang.

Penyelidikan tersebut dilakukan setelah penyelenggara dikritik karena membuang sekitar 4.000 dari 10.000 kotak bento yang telah dipesan sebelumnya, yang akan diberikan kepada sukarelawan pada upacara pembukaan pada 23 Juli.

Setelah melakukan upaya untuk mengurangi makanan yang dibuang, jumlah itu turun menjadi 15 persen antara 30 Juli hingga 6 Agustus, menurut Komite Olimpiade dan Paralimpiade, yang telah berjanji untuk berbuat lebih banyak guna meminimalisir jumlah makanan yang dibuang.

Pada upacara penutupan Olimpiade di Stadion Nasional, sekitar 200 dari 6.000 makanan yang dipesan sebelumnya terbuang sia-sia.

“Tergantung pada tempatnya, ada hari-hari di mana hampir tidak ada makanan berlebih, dan ada kecenderungan memperbaiki hal itu,” kata Masanori Takaya juru bicara panitia penyelenggara, seperti dilansir Antara, Sabtu (28/8/2021).

“Sulit untuk membuatnya benar-benar nol, tetapi kami akan terus bekerja untuk mengelola jumlah pesanan,” tambahnya.

Mulai dari tempat tidur kardus di kampung atlet hingga medali yang ditempa dari logam daur ulang, Olimpiade Tokyo memiliki misi untuk menjadi Olimpiade yang paling ramah lingkungan.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
30o
Kurs