Sabtu, 20 April 2024

Shin Tae-yong Optimistis dalam Laga Lawan Vietnam Malam Nanti

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia. Foto: PSSI

Shin Tae-yong pelatih tim nasional Indonesia optimistis menatap laga ketujuh skuadnya di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Senin (7/6/2021) malam waktu setempat.

Dikutip dari keterangan PSSI dilansir Antara, juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut anak-anak asuhnya dalam kondisi percaya diri setelah berhasil menahan imbang Thailand 2-2 dalam pertandingan sebelumnya.

“Pada pertandingan melawan Thailand, semua pemain sangat bekerja keras. Itu membuat mereka percaya diri,” ujar Shin.

Meski demikian, Shin Tae-yong menyadari Vietnam adalah tim yang sulit ditaklukkan. Saat ini, Vietnam menduduki peringkat pertama Grup G tanpa pernah sekali pun disentuh kekalahan.

“Dari sisi organisasi permainan, Vietnam sangat baik. Saya sudah melihat pertandingan mereka. Vietnam memiliki kekuatan seimbang dalam menyerang dan bertahan,” tutur Shin.

Gelandang serang timnas Indonesia Egy Maulana Vikri juga mengakui timnas memiliki kepercayaan diri tinggi setelah laga versus Thailand.

Egy pun memastikan setiap nama dalam skuad Garuda siap mati-matian di lapangan saat berhadapan dengan Vietnam nanti.

“Setiap orang di tim pasti akan memberikan yang terbaik. Kami berharap mendapatkan hasil positif,” ungkap Egy.

Pada pertemuan pertama di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang digelar di Bali, Indonesia takluk 1-3 dari Vietnam.

Catatan pertemuan kedua tim setidaknya sejak tahun 2001 memperlihatkan Indonesia tampil dominan atas Vietnam. Dalam rentang waktu itu, skuad Garuda hanya kalah dua kali dari Vietnam.

Namun, dalam empat tahun terakhir sepak bola Vietnam mengalami kemajuan pesat. Faktor utamanya, yaitu penunjukan pelatih asal Korea Selatan Park Hang-seo.

Di level U-23, ia mengantarkan Vietnam menuju final Piala Asia U-23 2018 dan merebut medali emas sepak bola putra SEA Games 2019. Selain itu, Park juga berhasil membawa timnas Vietnam menjuarai Piala AFF 2018 dan melaju ke perempat final Piala Asia 2019.

Laga Indonesia melawan Vietnam akan menjadi kesempatan pertama bagi Shin Tae-yong dan Park Hang-seo bersua sebagai pelatih di tim nasional.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs