Kamis, 21 Oktober 2021

Tidak Bermain Bareng Timnas Kemarin, Koko Ari Persebaya Alami Cedera

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Koko Ari saat menjalani internal game sebelum berangkat ke Dubai. Saat ini ia sedang dibekap cedera ACL. Foto: PSSI

Koko Ari Araya tidak masuk dalam daftar pemain yang diturunkan timnas Indonesia melawan Afghanistan kemarin. Pasalnya, bek kanan Persebaya itu ternyata mengalami cedera lutut kanan.

”Saya salah tumpuan ketika merebut bola dalam latihan timnas,” kata Koko tentang penyebab cederanya melalui sambungan telepon, dilansir dari laman resmi persebaya.id.

Dari pemeriksaan MRI, Koko mengalami cedera pada ACL-nya. Itu adalah cedera yang lumrah dialami pemain sepak bola.

”Kami di Persebaya mendoakan Koko segera pulih, bisa segera kembali dan bermain menyongsong Liga 1 yang akan segera dimulai,” kata Aji Pelatih Persebaya yang turut prihatin atas cedera yang dialami Koko.

Aji juga menyayangkan berita mengenai cedera Koko yang simpang siur. Ada sejumlah media dan akun media sosial yang menyatakan ACL Koko putus total. Ada pula yang menyebutkan Ari harus menjalani operasi dan pemulihan selama setahun dan lain sebagainya.

”Saya menyayangkan sikap timnas yang tidak memberikan penjelasan rinci kepada kami soal cedera Koko,” keluh Aji.

Ia mengungkapkan, kabar cedera Ari diketahui pertama kali melalui media sosial, yang memungkinkan informasi itu hoax dan ngawur.

Aji berpesan kepada Koko untuk kuat dan tabah. Cedera adalah risiko pemain sepak bola. Pemain akan bisa kembali dengan kondisi terbaiknya dengan pengobatan yang baik, serta pemulihan yang bagus.

“Contohnya sudah banyak, pemain dalam negeri maupun luar negeri yang cedera ACL dan pulih seperti sedia kala. Seperti Francesco Totti dan Alessandro del Piero,” kata Aji menyemangati.

Sementara itu, Ram Surahman sekretaris tim Persebaya meminta warganet lebih bijak dalam mengabarkan cedera Koko. Pemain asli Surabaya itu sempat tertekan karena isu yang beredar di media sosial yang mengatakan bahwa ia harus operasi dan absen setahun.

”Padahal Koko melaporkan kepada kami bahwa kondisinya belum sampai divonis harus operasi. Ia juga kirim video sudah bisa lari-lari kecil. Cedera ACL juga tidak semua harus operasi tergantung kondisinya,” papar Ram.

Koko sendiri masih berada di Dubai. Shin Tae-Yong Pelatih Timnas Indonesia tetap mempertahankan hingga pemusatan latihan selesai. Hanya saja ia tidak dapat bermain dalam pertandingan sisa. Di sana ia akan menjalani penguatan pada lututnya sekaligus observasi.(frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 21 Oktober 2021
34o
Kurs