Sabtu, 4 Mei 2024

1.980 Personel Gabungan Amankan Pertandingan AFF di GBK

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Irjen Pol. Agung Setya Imam Efendy Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) memberikan pengarahan dalam acara Tactical Floor Game (TFG) pengamanan pertandingan Indonesia lawan Thailand hari ini di GBK, Rabu (28/12/2022).

Sebanyak 1.980 personel gabungan diturunkan untuk mengamankan pertandingan Indonesia kontra Thailand dalam laga Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (29/12/2022) sore nanti.

Irjen Pol. Agung Setya Imam Efendy Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) mengatakan personel gabungan itu mencakup anggota Polri, TNI, Satpol PP, pemadam kebakaran dan petugas kesehatan.

“Untuk pengamanan kami siapkan 1.980 petugas Pam Polri dng TNI dan Satpol PP, damkar dan kesehatan,” kata Agung.

Dia menjelaskan pengamanan pada laga Indonesia versus Thailand akan dibagi dua zona, yakni petugas kepolisian berada di zona dua di luar lapangan. Sedangkan, pengamanan di dalam zona satu mulai lapangan hijau sampai tribun dan pintu masuk sudah disiapkan 500 steward.

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pertandingan Piala AFF pada 23 Desember lalu, jumlah penonton belum sepenuhnya mencapai 100 persen.

Untuk diketahui, kapasitas Stadion GBK bisa menampung 77.193 orang.

“Hari ini penonton yang dapat masuk Stadion GBK 50.000 orang,” kata Agung.

Supaya pelaksanaan pertandingan ini bisa berjalan lancar dan aman, Agung mengimbau kepada para penonton atau suporter yang menonton pertandingan hari ini agar tertib dan menjaga perilaku baik, tidak membawa barang-barang berbahaya, duduk di kursi sesuai nomor tempat duduk dan tribun yang tercantum dalam tiket, serta bertempat dengan penonton lainnya.

“Sehingga dapat dinikmati pertandingan Indonesia melawan Thailand hari ini,” katanya.

Pengamanan pertandingan masih perlu disempurnakan lagi sesuai dengan hasil evaluasi. Meski demikian, pertandingan berjalan cukup baik.

Kendala yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan adalah antrean tiket yang terlalu lama. Maka dari itu, Polri menyarankan pihak penyelenggara untuk menambah jumlah petugas ticketing menjadi 10 orang di setiap pintu masuk.

Lalu, meminta steward menjalankan tugas utamanya, yakni mengarahkan penonton duduk sesuai tiketnya, memastikan tidak ada potensi gangguan keamanan, dan tidak ikut menonton pertandingan.

Safety and Security Officer (SSO) harus berkoordinasi dengan steward dan kepolisian yang berada di zona dua, untuk memberikan informasi akurat terkait situasi di dalam stadion kepada petugas kepolisian.

Sesuai arahan Pol. Listyo Sigit Prabowo Kapolri Jenderal saat mengecek kesiapan Stadion GBK untuk Piala AFF pada Selasa (20/12/2022) lalu, dia menyatakan pihak Polri berada di ring luar lapangan, baru akan masuk ke lapangan bila ada permintaan dari petugas keamanan yang berada di dalam lapangan.

Polri yang mengamankan pertandingan di lapangan hijau tidak boleh membawa senjata api dan gas air mata. Bergerak sesuai kondisi di lapangan yang ditetapkan, yakni kondisi kuning, hijau dan merah (ancaman).

Pertandingan Indonesia versus Thailand akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/2022), pukul 16.30 WIB. Pemenang laga ini akan lolos ke semifinal turnamen ini.(ant/tik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs