Jumat, 19 April 2024

Indonesia Butuh Kemenangan Lawan Thailand di Fase Grup Piala AFF

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Eggy Maulana Fikri merayakan gol pertama dalam laga perdana piala AFF 2022 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, pada Jumat (23/12/2022). Foto: PSSI

Tim Nasional Indonesia sementara masih berada di posisi kedua Klasemen Grup A Piala AFF dengan torehan enam poin dari dua pertandingan.

Hasil melawan Thailand akan menjadi penentu Timnas Garuda pada laga ketiga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Sekarang, Thailand menduduki puncak Klasemen Grup A dengan torehan enam poin dari dua pertandingan setelah pertandingan terakhirnya mengalahkan Filipina dengan skor telak 4-0.

Dengan begitu, Indonesia berpeluang melaju ke babak kedua secara terbuka dengan mengalahkan Thailand.

“Sebenarnya ini baru dua match dan match ketiga lawan Thailand dan ini sangat penting. Baru setelah selesai pertandingan ketiga akan terlihat bagaimana gambaran semifinal dan final seperti apa. Tapi, saya selalu fokus ke setiap pertandingan. Seperti di pertandingan lawan Brunei saya anggap seperti final. Pemain juga harus punya mental seperti itu. Menganggap semua pertandingan seperti final,” kata Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia, Senin (26/12/2022), seperti dikutip Antara.

Laga Indonesia versus Thailand sangat ditunggu para suporter Tim Garuda lantaran Tim Negeri Gajah Putih sering menjadi batu sandungan. Kemenangan menjadi harga mati demi merebut satu tiket ke babak semifinal.

Laga itu tidak mudah walau berlangsung di kandang. Thailand datang ke Indonesia dengan tim solid dengan banyak pemain berpengalaman seperti Terasil Dangda yang mencetak dua gol ke gawang Filipina.

“Thailand memang lawan yang tangguh. Makanya kita harus percaya diri pada pertandingan nanti. Intinya semua harus disiapkan dengan baik,” kata Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI saat dikonfirmasi.

Menurutnya, Marc Klok dan kawan-kawan harus memaksimalkan kesempatan bertanding di rumah sendiri. Apalagi, diprediksi lebih banyak dukungan suporter yang datang langsung ke stadion.

“Kapasitas yang diizinkan masuk stadion sebanyak 50 ribu penonton. Jelas jumlah itu cukup banyak dan bisa saja bertambah,” kata mantan Kapolda Jawa Barat itu.

Setelah melawan Thailand, Indonesia masih harus menjalani pertandingan di fase Grup A melawan Filipina.(ant/tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs