Kamis, 25 April 2024

Afrika Selatan Juarai Piala Afrika Putri untuk Kali Pertama

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain timnas putri Afrika Selatan mengangkat trofi juara Piala Afrika setelah memenangkan final Women's Africa Cup of Nations 2022 antara Maroko dan Afrika Selatan di Prince Moulay Abdellah Stadium di Rabat, Sabtu (23/7/2022) malam waktu setempat. Foto: AFP

Hildah Magaia Striker Timnas Putri Afrika Selatan mencetak dua gol saat mereka merebut gelar juara Piala Afrika Putri pertama, usai mengalahkan tuan rumah Maroko 2-1 dalam final Sabtu (23/7/2022) waktu setempat, atau Minggu (24/7/2022) dini hari.

Seperti dilaporkan Antara mengutip dari Reuters, dua gol Magaia terjadi dalam kurun waktu delapan menit, yakni pada menit ke-63 dan menit ke-71 dari posisi yang sama, yakni gol jarak dekat.

Maroko sempat memperkecil jarak ketertinggalan dari Afrika Selatan pada menit ke-80 melalui aksi Rosella Ayane, striker kelahiran Inggris. Maroko memanfaatkan kesalahan yang dibuat Afrika Selatan karena sempat kehilangan konsentrasi dan penguasaan bola.

Laga yang berlangsung di hadapan para penonton Maroko di Rabat ini pun berlangsung menegangkan. Apalagi laga sampai harus dilangsungkan dengan perpanjangan waktu sembilan menit tambahan.

Sebagai informasi, ini adalah gelar juara pertama Afrika Selatan setelah lima kali menjadi runner-up, termasuk edisi terakhir pada 2018. Sementara Maroko sendiri memainkan final pertamanya dalam laga kali ini.

Selain itu, atas hasil tersebut Maroko akan mendampingi Afrika Selatan ke Piala Dunia Putri tahun depan bersama dua semifinalis yang tersisih, Nigeria dan Zambia.

Untuk diketahui, Piala Afrika Putri menjadi turnamen yang menentukan kualifikasi Afrika untuk Piala Dunia Putri yang diadakan di Australia dan Selandia Baru tahun depan.(ant/bil/dpn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs