Senin, 6 Februari 2023

Fajar/Rian Susul The Daddies ke Semifinal World Tour Finals

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pasangan bulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto dan Fajar Alfian Foto: PP PBSI.

Ganda putra Indonesia menambah wakil ke babak semifinal World Tour Finals 2022 lewat pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang menyusul langkah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang lebih dulu dipastikan keluar dari fase penyisihan grup di Bangkok, Thailand, Jumat.

Antara melaporkan, kepastian Fajar/Rian mengamankan tiket semifinal turnamen akhir tahun itu, didapatkan setelah melakoni pertandingan partai ketiga di Grup A melawan pasangan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi asal Malaysia.

Meski kalah 21-10, 17-21, 19-21 dari Ong/Teo, namun Fajar/Rian tetap lolos ke babak semifinal berkat kemenangan satu gim. Fajar/Rian lebih diuntungkan dengan perolehan poin dari dua kemenangan partai sebelumnya saat menghadapi Choi Sol Gyu/Kim Won Ho dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Pada pertandingan kontra wakil Korea Selatan dan Jepang itu, Fajar/Rian mampu memetik kemenangan dua gim langsung.

Dalam klasemen sementara Grup A ganda putra, Fajar/Rian dan Ong/Teo masing-masing mengemas dua kali menang dan satu kali kalah, Hoki/Kobayashi satu kali menang-kalah, dan Choi/Kim menderita dua kekalahan.

Meski dipastikan melaju ke babak empat besar, namun status Fajar/Rian masih menunggu hasil pertandingan antara Choi/Kim dan Hoki/Kobayashi. Apabila Hoki/Kobayashi keluar sebagai pemenang, maka mereka akan menjadi runner-up dan Fajar/Rian menjadi juara Grup A.

Namun jika duo Jepang kalah, maka Fajar/Rian keluar sebagai runner-up dan status juara grup diberikan Ong/Teo.

Sebelumnya, Hendra/Ahsan dipastikan lolos ke semifinal setelah mengalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen asal Denmark, Kamis.

Selain Hendra/Ahsan, wakil Grup B lainnya yang lolos ke babak semifinal ialah ganda putra asal China Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Dengan dua kemenangan yang dikantongi Hendra/Ahsan dan Liu/Ou, maka pesaing lainnya di Grup B sudah tidak mungkin menyamakan perolehan poin dari sisa satu pertandingan.

Pada pertandingan terakhir, Hendra/Ahsan akan berjumpa Liu/Ou untuk menentukan juara atau runner-up Grup B pada partai penutup hari ini.(ant/iss)

Berita Terkait