Jumat, 3 Mei 2024

FPTI Optimistis Indonesia Juara Panjat Tebing Asia 2022

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Veddriq Leonardo atlet panjat tebing Indonesia. Foto: Antara

Yenny Wahid Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) optimistis Indonesia kembali meraih hasil maksimal dalam kejuaraan panjat tebing tingkat Asia, berkaca dari hasil Piala Dunia seri Jakarta 2022.

“Melihat hasil World Cup di Jakarta kemarin, saya tentu optimistis atlet kami terutama disiplin speed bisa meraih hasil maksimal di kejuaraan panjat tebing Asian Championship 2022,” ujarnya lewat siaran pers, Sabtu (8/10/2022).

Selain itu, Yenny juga menyampaikan FPTI berupaya mengirimkan atlet ke berbagai kejuaraan sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Mengutip dari Antara, Mimggu (9/10/2022), Indonesia menerjunkan 12 atlet pada Kejuaraan Asia Panjat Tebing 2022 yang akan dihelat di Seoul, Korea Selatan, 10-16 Oktober mendatang.

Dari atlet 12 atlet, 9 atlet di antaranya akan tampil pada nomor speed, sedangkan tiga atlet lainnya turun pada nomor lead dan boulder.

Setelah dua tahun vakum, Tim Merah Putih menerjunkan dua pemanjat rekor dunia dalam kejuaraan Asia Panjat Tebing. Mereka adalah Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin juara dunia speed putra.

Kemudian, Indonesia juga akan mengirimkan atlet andal lainnya, seperti peraih emas Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta yaitu Awar Jaelolo, Rahmad Adi Mulyono, dan Alfian Muhammad Fajri.

Indonesia akan menurunkan empat atlet kategori putri, di antaranya Rabiah Salsabillah, dan Desak Made Rita.

Sebelumnya pada edisi terakhir Kejuaraan Asia Panjat Tebing 2019 di Bogor, Indonesia sukses menyapu bersih podium kategori speed putra dengan medali emas yang diraih oleh Veddriq, diikuti Katibin yang meraih perak, dan Rahmad Adi Mulyono dengan medali perunggu.

Di kategori speed putri, Indonesia meraih satu emas lewat Nurul Iqamah dan satu perunggu melalui Rabiah Sallsabillah.

Berikut daftar 12 atlet yang akan berlaga di Kejuaraan Asia Panjat Tebing 2022:

  1. Vedderiq Leonardo
  2. aspar Jelolo
  3. Alfian Muhammad Fajri
  4. Kiromal Katibin
  5. Rahmad Adi Mulyono
  6. Zaenal Aripin
  7. Musauwir
  8. Muhammad Rizky Syahrafli
  9. Rajiah Sallsabillah
  10. Nurul Iqamah
  11. Desak Made Rita
  12. Sukma Lintang Cahyani (tik)
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
33o
Kurs