Jumat, 19 April 2024

Indonesia Raya Berkumandang Usai Presiden Grid Walk di Jakarta E-Prix

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joko Widodo Presiden tampak menerima penjelasan dari Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta seusai melakukan prosesi grid walk jelang dimulainya Jakarta E-Prix 2022 sebagai bagian dari balap mobil listrik Formula E musim 2021-22 di Jakarta International E-Circuit, Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Foto: Antara

Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Jakarta International E-Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, seusai Joko Widodo Presiden melakukan grid walk di lintasan sirkuit jelang dimulainya lomba adu cepat mobil listrik Formula E tersebut, Sabtu (4/6/2022).

Seperti dilaporkan Antara, Jokowi didampingi Alberto Longo Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E, turun ke lintasan di hadapan tribun royal box tempatnya menonton sekitar pukul 14:37 WIB, untuk memulai prosesi grid walk atau meninjau para pebalap sebelum start.

Mobil tunggangan Stoffel Vandoorne pebalap Mercedes-EQ Formula E Team asal Belgia, langsung menyambut Presiden di hadapan pintu yang dilewatinya untuk memulai prosesi grid walk.

Pebalap yang saat ini memimpin klasemen sementara Formula E 2021-22 itu memulai balapan dari grid ketujuh setelah kalah di fase perempat final babak kualifikasi.

Presiden yang juga didampingi Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta lantas melanjutkan proses grid walk hingga di dua grid terdepan yang didominasi duet Jean-Eric Vergne asal Prancis dan Antoni Felix da Costa (Portugal) pebalap tim DS Techeetah.

Setibanya di grid terdepan, Presiden langsung disambut dengan prosesi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Armand Maulana vokalis band Gigi.

Sesudah itu, Jakarta E-Prix juga menyempatkan prosesi mengheningkan cipta untuk menghormati mendiang Jose Abed wakil presiden kehormatan Federasi Otomotif Internasional (FIA) yang berpulang dua hari lalu.

Presiden kemudian kembali ke royal box di mana ia duduk diapit sejumlah pejabat seperti Puan Maharani Ketua DPR RI, Anies Baswedan Gubernur DKI, Bambang Soesatyo Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Ketua MPR RI, Sandiaga Uno Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Alberto Longo CCO sekaligus Founder Formula E , serta Ahmad Sahroni Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix.

Ini merupakan kali pertama Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah balapan mobil listrik besutan Federasi Otomotif Internasional (FIA). Jakarta sedianya menggelar seri Formula E musim 2019-20, namun hal itu harus batal karena situasi pandemi Covid-19 memaksa balapan mobil listrik itu dituntaskan di Jerman. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs