Kamis, 28 Maret 2024
Piala AFF

Jokowi Presiden Bakal Tonton Laga Indonesia vs Kamboja

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI (ketiga kanan) melihat simulasi pemeriksaaan penonton sebelum masuk ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Kamis (23/12/2022). Foto: Antara/PSSI

Joko Widodo (Jokowi) Presiden dijadwalkan menonton pertandingan Indonesia melawan Kamboja pada laga Grup A Piala AFF, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022) malam nanti.

Demi kelancaran gelaran tersebut, Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI ikut langsung menginspeksi lokasi pertandingan, Kamis (22/12/2022) kemarin.

Mulai dari kesiapan steward yang akan membantu kelancaran jalannya laga, tribun, simulasi masuknya penonton, venue operation center, ambulan, sampai mengecek kebersihan toilet.

“Saya memasuki area-area vital, mengecek segala sesuatunya terkait kelancaran pertandingan timnas. Saya tadi juga masuk ke area venue operation center dimana dari dalam ruangan tersebut mampu memonitor aktifitas di SUGBK ini. Baik yang di dalam, ring dua serta ring tiga, hingga mempersiapkan kehadiran Jokowi Presiden di SUGBK nantinya,” kata Iwan Bule dalam keterangan resminya dikutip Antara, Jumat (23/12/2022).

Menurut dia, fasilitas di SUGBK memang mendukung sehingga akan lebih mudah memantau semua pergerakan, apalagi stadion ini menjadi salah satu lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 tahun depan.

Inspeksi SUGBK juga dilakukan oleh Paspampres agar semuanya berjalan lancar, mengingat laga Indonesia melawan Kamboja merupakan laga pertama di SUBGK dengan penonton terbatas.

“Terima kasih kepada Bapak Jokowi Presiden. Tentu ini menjadi sebuah kebanggaan bagi pemain timnas ketika berlaga disaksikan langsung Presiden, sekaligus tentunya menjadi semangat tambahan untuk memberikan penampilan terbaik kepada masyarakat Indonesia,” kata Iwan.

Ketua Umum PSSI itu juga mengatakan jumlah steward di dalam lapangan yang berjumlah 239 orang, semuanya sudah diberikan pemahaman tugas dan fungsinya.

“Para steward itu berasal dari SUGBK, PSSI ketika bertugas di dalam lapangan memantau ketertiban para penonton dan memberikan pengarahan persuasif kepada para pendukung timnas nanti. Sedangkan jumlah keamanan yang berada di ring dua dan tiga sejauh ini berjumlah 1500 personil dan kita koordinasikan dengan pihak kepolisian,” kata Iwan.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu juga mengimbau penonton di SUGBK tidak membawa tas yang terlalu besar, dan barang-barang yang dinilai bakal mengganggu pertandingan.

“Jangan membawa tas yang terlalu besar, suar, rokok konvensional maupun rokok elektrik. Minuman dalam kemasan botol pun tidak boleh dibawa masuk dan akan dipindahkan ke wadah plastik. Mari kita sepakati bersama sehingga sukses penyelenggaraan ini menjadi kesuksesan kita bersama,” pungkas Iwan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs