Rabu, 6 Juli 2022

Kejuaraan Basket Piala Wali Kota Surabaya Dimulai Besok

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pertandingan Bola Basket Putri di GOR Pancasila, Rabu (18/5/2022) Foto : Dinkominfo Pemkot Surabaya

Trio Wahyu Bowo Kepala Bidang Olahraga Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya mengatakan, Kejuaraan Basket Piala Wali Kota Surabaya antar pelajar SMP dan SMA dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 729 akan dimulai besok, Rabu (25/5/2022).

Pelaksanaan ini mundur dari jadwal sebeumnya yang direncakan pada 23-29 Mei 2022.

“Pelaksanaan Basket Piala Wali Kota Surabaya 2022 untuk SMP dan SMA ini pembukaannya besok 25 Mei sampai nanti 5 Juni. Ada pengunduran karena kuota SMA belum terpenuhi,” ujar Trio saat dikonfirmasi suarasurabaya.net, Selasa (24/5/2022).

Untuk jenjang SMP, lanjut Trio, sudah memenuhi target yaitu 49 tim putra dan 32 tim putri.

Sementara untuk tingkat SMA juga ditargetkan sama namun sampai saat ini baru terisi 22 tim putra dan 10 tim putri. Pendaftaran jenjang SMA ini masih terus dibuka. Sedangkan untuk penutupan pendaftaran, Trio mengaku baru akan memutuskan setelah berkoordinasi dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Surabaya.

“Yang jenjang SMP kita gelar dulu, setelah 5 Juni baru lanjut SMA,” katanya.

Bertempat di GOR Pancasila Surabaya, pertandingan besok dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya. Selama pertandingan berlangsung pada 25 Mei – 5 Juni 2022, per harinya akan ada 8 pertandingan dimulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Mengenai persiapan, Trio mengaku sudah berkoordinasi juga dengan koordinator GOR Pancasila. Mulai dari lapangan indoor yang akan digunakan, fasilitas toilet, genset, scoring board, dan lainnya.

“Kalau kapasitas penonton ini bisa 1.500 an orang. Tapi sesuai assesment, sepertinya nanti hanya diisi 75 persen. Tapi untuk sarana dan prasarana di GOR Pancasila sudah siap,” ujar Ronal Koordinator GOR Pancasila saat ditemui terpisah oleh suarasurabaya.net di GOR Pancasila, Selasa (24/5/2022).

Berbasis Sport Tourism, Trio berharap event kejuaraan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kali ini bisa memutar roda perekonomian kembali. Sehingga tidak hanya pertandingan, tetapi juga akan ada gelaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Masyarakat juga diharapkan ikut meramaikan dengan datang menonton ke GOR Pancasila tanpa dipungut biaya.

“Kejuaraan ini nanti bisa menghasilkan atlet-atlet dari Piala Wali Kota Surabaya, juga bisa menggerakkan roda perekonomian,” kata Trio lagi.

Selain Kejuaraan Bola Basket Piala Wali Kota Surabaya, ada 9 cabang olahraga lainnya yang juga dilombakan, di antaranya Futsal, Balap Sepeda, Panahan, Dayung Perahu Sampan Sprint, Skateboard, dan lainnya. Peringatan HJKS ke 729 juga kian meriah dengan berbagai event seperti Festival Rujak Uleg yang sudah terselenggara, Surabaya Vaganza yang akan digelar Sabtu (28/5/2022) nanti.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
31o
Kurs