Kamis, 2 Mei 2024

Ketum PSSI: Performa Timnas U-16 Dievaluasi Meski Menang 2-0 Atas Filipina

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI memberikan pernyataan kepada pewarta usai laga Grup A Piala AFF U-16 2022 Indonesia melawan Filipina di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7/2022). Foto: Antara

Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI mengatakan performa tim nasional U-16 harus dievaluasi meski mencatatkan kemenangan 2-0 atas Filipina, pada laga Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7/2022) malam.

“Saya memerintahkan Direktur Teknik PSSI (Indra Sjafri) untuk berkomunikasi dengan Bima Sakti pelatih timnas U-16. Masih banyak kekurangan yang mesti diperbaiki,” ujar Iriawan usai pertandingan dikutip Antara.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, beberapa “lubang” di timnas U-16 ada di sektor kiper, bek dan lini serang.

Andrika Fathir Rachman penjaga gawang yang bermain dalam laga melawan Filipina, tampil tidak percaya diri dan bahkan hampir saja membuat blunder saat operannya nyaris masuk ke dalam gawang sendiri.

Kemudian, di benteng pertahanan, Iriawan menganggap para pemain masih kerap melakukan gerakan tidak perlu. Sementara di sektor penyerang, Indonesia masih kurang dalam penyelesaian akhir.

“Lalu, fisik pemain belum begitu maksimal. Mungkin masih kurang latihan fisik. Saya meminta itu ditingkatkan. Saya menginstruksikan kepada Direktur Teknik PSSI menunjukkan potongan-potongan video kesalahan pemain untuk menjadi bahan evaluasi, agar penampilan tim lebih baik pada laga selanjutnya,” kata Iriawan.

Meski demikian, dia tetap berterima kasih atas perjuangan pemain, pelatih dan ofisial timnas U-16 yang berbuah kemenangan dua gol tanpa balas dari Filipina tersebut. Beberapa kekeliruan yang terjadi di lapangan, dianggap Iriawan wajar karena para pemain skuad berjuluk “Garuda Asia” masih berusia remaja.

“Mereka ini anak-anak, jadi mungkin masih ingin memperlihatkan mereka bisa menggiring, mengoper bola. Namun, kan, kalau lawan mampu mencetak gol, skor akan menjadi 2-1 dan berikutnya bisa saja 2-2. Walau demikian, saya berterima kasih kepada pemain dan pelatih. Kemenangan dari Singapura ini membuat kami cukup percaya diri untuk laga melawan Singapura,” tutur dia.

Untuk diketahui, Timnas U-16 Indonesia menundukkan Filipina dengan skor 2-0 pada laga Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu malam.


Kemenangan berkat gol bunuh diri Jared Pena pemain Filipina serta gol yang diciptakan Arkhan Kaka Purwanto striker pada babak pertama membawa Indonesia berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A.

Indonesia memiliki selisih gol lebih sedikit daripada Vietnam di posisi satu, yang pada hari yang sama menundukkan Singapura 5-1. Filipina sendiri bertengger di peringkat ketiga dan Singapura menjadi tim terbawah.

Pada pertandingan Grup A selanjutnya, Rabu (3/8/2022) mendatang, Indonesia akan melawan Singapura mulai pukul 20.00 WIB di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Sebelumnya, mulai pukul 15.00 WIB, juga pada hari yang sama, Filipina akan menghadapi Vietnam di di Stadion Sultan Agung, Bantul. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs