Jumat, 29 Maret 2024

Kontingen Indonesia Akan Kirim Wakilnya Hanya di 17 Cabor Prioritas ke Sea Games

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga. Foto: Humas Kemenpora

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga mengisyaratkan kontingen Indonesia hanya akan mengirimkan wakil dalam 17 cabang olahraga prioritas untuk berlaga di SEA Games 2022 Vietnam pada 12-23 Mei mendatang.

Dari ke-17 cabang olahraga tersebut, 14 di antaranya termasuk dalam program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) serta tiga cabang lainnya dianggap berpotensi meraih medali di SEA Games.

“Kita sedang konsentrasi ke cabang-cabang yang masuk DBON yang 14 cabang itu, ditambah tiga cabang olahraga yakni sepak bola, voli dan basket,” katanya usai penyerahan peralatan olahraga di Universitas Hasanuddin Makassar, Sabtu (12/3/2022) mengutip dari Antara.

Adapun 14 cabang yang masuk prioritas di antaranya adalah bulu tangkis, angkat besi, panahan, atletik, menembak, panjat tebing, senam artistik, balap sepeda, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu dan pencak silat.

Menpora menjelaskan, program pelatnas SEA Gamea telah berjalan sejak Januari 2022. Saat ini tim independen masih melalukan proses penilaian untuk memastikan cabang olahraga yang akan menjadi tumpuan timnas merebut medali SEA Games.

“Kita sekarang sedang pelatnas SEA Games, sedang review tapi kita tetap prioritaskan cabang olahraga sesuai Desain Besar Olahraga Nasional,” ujarnya.

Sebelumnya, Raja Sapta Oktohari Ketua Umum KOI mengatakan partisipasi dalam SEA Games 2022 hanya bentuk solidaritas Indonesia kepada tuan rumah Vietnam dan komunitas olahraga Asia Tenggara karena SEA Games seharusnya digelar pada 2021, namun diundur ke 2022 akibat lonjakan kasus Covid-19 di Vietnam.(dfn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs