Rabu, 8 Februari 2023

Kroasia ke Perempat Final Setelah Menang Adu Penalti Lawan Jepang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Para pemain timnas Kroasia melakukan selebrasi setelah mereka menang adu penalti dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 lawan Jepang di Al-Janoub Stadium, Al-Wakrah, Doha pada (5/12/2022). Foto: AFP

Timnas Kroasia harus melalui drama adu penalti untuk melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah bermain imbang 1-1 dalam laga 16 besar di Al-Janoub Stadium, Al-Wakrah, Doha yang berakhir pada Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

Jepang sempat unggul terlebih dahulu berkat gol Daizen Maeda sebelum Kroasia menyamakan kedudukan lewat gol Ivan Perisic.

Kemenangan ini membuat Kroasia akan menghadapi Brazil pada pertandingan perempat final.

Jepang langsung menggebrak pada menit awal ketika mendapat peluang pada menit ke-3 lewat tandukan Shogo Taniguchi, tetapi upayanya masih melebar.

Kroasia bisa membalas pada menit ke-9. Takehiru Tomiyasu membuat kesalahan saat menguasai bola di sisi kanan pertahanan Jepang, sehingga direbut Ivan Perisic.

Penyerang Tottenham Hotspur itu memasuki kotak penalti untuk coba menaklukkan Shuichi Gonda, tetapi bola sepakannya bisa ditepis.

Jepang kembali mengancam pada menit ke-13. Junyo Ito mengirimkan umpan silang ke tiang jauh yang coba disambut Daizen Maeda, tetapi dia gagal menyambarnya.

Meski menguasai bola, Kroasia kesulitan menembus pertahanan Jepang. Sementara itu, Jepang beberapa kali mampu melancarkan serangan balik dengan cepat.

Jepang memiliki peluang pada menit ke-40. Daichi Kamada punya kans untuk membawa Jepang unggul ketika dia dalam posisi bagus di kotak penalti. Sayangnya, tembakannya masih tidak mengarah ke gawang yang dikawal Livakovic.

Namun, dua menit kemudian, Jepang mampu unggul lewat Daizen Maeda. Berawal dari umpan silang di sisi kiri yang dilepaskan Ritsu Doan, bola disundul Maya Yoshida ke depan gawang kosong dan disambar Maeda untuk mengubah skor jadi 1-0.

Hingga turun minum, skor tersebut bertahan untuk keunggulan Jepang.

Selepas jeda, Kroasia langsung menyerang demi mencetak gol penyeimbang. Mereka menekan habis Jepang dan tidak memberikan kesempatan untuk menyerang.

Kroasia akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-55. Dejan Lovren melepaskan umpan silang ke kotak penalti Jepang, yang disundul Perisic ke pojok kiri gawang tanpa bisa dijangkau Shuichi Gonda. Skor menjadi 1-1.

Gol itu membuat Kroasia semakin bersemangat untuk membalikkan keadaan. Mereka nyaris mencetak gol kedua pada menit ke-63 ketika Modric melepaskan sepakan voli di depan kotak penalti dan bola mengarah ke pojok gawang, yang bisa ditepis Gonda.

Pada menit ke-66 giliran pemain pengganti Ante Budimir yang nyaris mencetak gol, andai saja tandukkannya tidak melebar.

Pertandingan menjadi lebih terbuka di 15 menit terakhir karena kedua tim sama-sama ingin mengincar kemenangan. Namun, tidak ada peluang berbahaya dari Kroasia maupun Jepang.

Skor 1-1 bertahan hingga babak kedua berakhir dan laga dilanjutkan ke babak extra time.

Tidak ada peluang berarti dari kedua tim pada babak pertama perpanjangan waktu. Memasuki babak kedua perpanjangan waktu, Kroasia menurunkan Marko Livaja dan Mislav Orsic agar lini serang tetap memiliki tenaga.

Namun, Kroasia tetap kesulitan untuk membongkar pertahanan Jepang. Sementara itu, tim berjuluk Samurai Biru tersebut mengandalkan serangan balik.

Satu peluang didapat Kroasia pada menit ke-120 dari Lovro Majer ketika sepakannya di depan kotak penalti masih belum menemui sasaran.

Tak ada gol tercipta selama 30 menit perpanjangan waktu dan pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Tiga pemain Jepang, Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida gagal mencetak gol dalam adu penalti. Hanya Takuma Asano yang mencetak gol penalti untuk Jepang.

Sementara itu hanya satu penendang Kroasia yang gagal memasukkan bola yaitu Marko Livaja. Tendangan Mario Pasalic memastikan Kroasia lolos ke babak perempat final.(ant/gat/rst)

Berita Terkait