Sabtu, 20 April 2024

Marquez Akui Masih Jauh dari Kondisi Fisik Terbaiknya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Marc Marquez pebalap tim Repsol Honda. Foto: instagram @hrc_motogp

Meski sudah siap untuk kembali berkompetisi di Grand Prix Aragon akhir pekan ini, Marc Marquez juara dunia Moto GP delapan kali mengakui masih jauh dari kondisi fisik terbaiknya.

Mengalami patah lengan kanan saat GP Spanyol 2020 dan telah menjalani tiga kali operasi, Marquez memutuskan rehat dari kompetisi untuk pemulihan setelah GP Italia di Mugello pada Mei tahun ini.

Setelah menjalani operasi keempat di Amerika Serikat, pebalap Spanyol ini mengambil jeda kompetisi untuk melanjutkan pemulihan sebelum dinyatakan fit mengendarai motor MotoGP di tes Misano pekan lalu.

Menyusul sejumlah pemeriksaan, konsultasi dan tes yang memuaskan, Marquez kini akan menjalani tahap selanjutnya dari rehabilitasinya, yaitu kembali ke kompetisi saat sirkus MotoGP tiba di Aragon, Spanyol.

“Saya tidak menyangka bisa di Aragon untuk membalap tahun ini, tapi hal-hal berjalan cukup baik sejak awal, mulai dari operasi, dan selangkah demi selangkah, saya merasa lebih baik,” kata Marquez di sesi jumpa pers pralomba di Aragon, Kamis (15/9/2022), mengutip Antara.

Kembalinya Marquez ke kompetisi menjadi angin segar di tengah dominasi pebalap Ducati Francesco Bagnaia, yang tampil dominan dengan empat kemenangan beruntun menuju Aragon.

Marquez, yang menjadi pebalap tersukses di Aragon dengan lima kemenangan kelas premier di sana, terlibat pertarungan sengit dengan Bagnaia hingga lap terakhir di sirkuit Spanyol itu tahun lalu meski harus puas finis runner-up.

Ketika ditanya peluangnya menantang podium di Aragon, Marquez menjawab, “peluang saya satu persen. Sangat rendah.”

“Pertama, adalah karena saya sangat jauh dari kondisi fisik terbaik saya. Tulangnya telah sembuh, itu yang paling penting, tapi kondisi ototnya masih sangat jauh dari yang saya inginkan.”

“Kedua, Honda saat ini berada dalam masa sulit, dan kami jauh tertinggal dari para pabrikan lain, jadi target saya adalah mencoba finis di setiap akhir pekan mulai dari sekarang.”

Marquez akan menjalani tiga pekan yang sibuk karena Aragon menjadi awal dari triple header sebelum Jepang dan Thailand.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs