Jumat, 26 April 2024
MotoGP

Marquez Klaim Pole Sensasional Setelah Tiga Tahun di GP Jepang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Marc Marquez, pebalap tim Repsol Honda menuju parc ferme setelah mengklaim pole position Grand Prix Jepang di Sirkuit Motegi, Sabtu (24/9/2022). Foto: Antara/AFP

Marc Marquez, pebalap tim Repsol Honda harus menunggu 1071 hari dan tambahan 90 menit untuk merebut pole position ke-91 dalam kariernya setelah tampil tercepat di babak kualifikasi Grand Prix Jepang, Motegi, Sabtu (24/9/2022).

Setelah sesi kualifikasi tertunda satu setengah jam karena cuaca buruk, Marquez menaklukkan lintasan basah sirkuit Motegi dengan lap tercepat 1:55,214 untuk merebut pole pertama kali sejak GP Jepang 2019.

Johann Zarco dari tim Pramac Racing terpaut 0,208 detik di P2 dan Brad Binder akan melengkapi posisi start baris terdepan dengan motor KTM-nya, demikian catatan resmi MotoGP yang dikutip Antara.

“Saya sangat senang berada di pole position,” kata Marquez yang kembali membalap sejak di Aragon pekan lalu pascaoperasi keempat di lengan kanannya itu.

“Pada pagi hari saya merasa sangat kuat di lintasan basah, dan saya bilang ‘jika siang hari hujan, saya akan mencobanya’.”

“Ini hanya pole position, tapi di situasi kami, ini sangat penting. Sangat penting bagi kami, untuk semua staf (Honda) di Jepang, meraih target-target kecil seperti ini sangat penting untuk masa depan kami.

“Besok di kondisi kering, balapan akan berbeda, tapi kami akan merayakannya hari ini.”

Di saat Marquez merayakan “comeback” dengan hasil positif di kualifikasi, tak ada satupun dari tiga pebalap teratas penantang gelar juara dunia yang finis lebih tinggi dari P6, yang menjadi posisi start Aleix Espargaro dari tim Aprilia.

Maverick Vinales menjadi pebalap Aprilia terdepan dan Jorge Martin dari tim Pramac Racing melengkapi baris kedua.

Pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo bakal mengawali serangan dengan motor Yamaha M1 dari P9 sedangkan Francesco Bagnaia pun gagal mengamankan start dari dua baris terdepan dan bakal menempati P12.

Juara GP Aragon pekan lalu, Enea Bastianini dari tim Gresini terjatuh di Q1.

Pebalap yang berada di peringkat empat klasemen dan masih memiliki peluang menantang gelar itu bakal start dari P15.

Pebalap tuan rumah Takaaki Nakagami menjalani balapan di kampung halamannya dengan jari yang cedera imbas kecelakaan dengan motor Marquez di lap pertama GP Aragon. Sang pebalap tim LCR Honda bakal start dari posisi terakhir atau P25.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs