Senin, 23 Mei 2022

Mohamed Salah Penentu Kemenangan Mesir di Laga Sarat Kontroversi dengan Guinea-Bissau

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Mohamed Salah bintang Timnas Mesir beraksi dalam pertandingan penyisihan Grup D Piala Afrika 2021 melawan Guinea-Bissau di Stadion Roumde Adjia, Garoua, Kamerun, Sabtu (15/1/2022) waktu setempat. Foto: Antara

Mohamed Salah mencetak gol penentu bagi Timnas Mesir untuk menekuk Guinea-Bissau dalam laga penyisihan Grup D Piala Afrika 2021 yang penuh kontroversi di Stadion Roumde Adjia, Garoua, Kamerun, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Salah mencetak gol di menit ke-69 dengan tembakan voli akurat menuntaskan umpan terobosan Amr El Soleya. Sebelum gol itu, Mesir kesulitan menembus pertahanan tebal lawannya di sepanjang laga.

Babak pertama berlalu nyaris tanpa peluang berarti. Gol Salah itu memecah kebuntuan semenit jelang turun minum.

Mesir hampir menggandakan keunggulan di menit ke-75 ketika tembakan Zizo tak mampu diantisipasi Mendes, tetapi bola berakhir membentur tiang gawang.

Tujuh menit kemudian Mama Balde berhasil menjebol gawang Mesir, tetapi selebrasi para pemain Guinea-Bissau langsung senyap setelah wasit kembali dari meninjau monitor VAR di tepi lapangan.

Setelah kembali dari monitor itu, wasit menganulir gol balasan Guinea-Bissau karena menilai Mama Balde sudah lebih dulu melanggar Omar Kamal dalam proses serangan itu.

Guinea-Bissau yang berpacu dengan waktu terpaksa melepas tembakan-tembakan spekulasi jarak jauh. Sayangnya, percobaan Bura dan Moreto Cassama bisa diamankan kiper Mohamed El Shenawy.

Kemenangan ini memperbesar asa Mesir untuk melangkah ke babak 16 besar mendampingi Nigeria yang sudah lebih dulu memastikan kelolosan.

Mesir menempati posisi kedua dengan raihan tiga poin, menggusur Guinea-Bissau yang memiliki satu poin ke urutan ketiga, demikian catatan situs resmi CAF.

Di pertandingan penutup Grup D nanti, Mesir akan menghadapi Sudan dan Guinea-Bissau bertemu Nigeria dalam laga yang dimulai serempak pada Rabu (19/1//2022).(ant/den)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 23 Mei 2022
29o
Kurs