Sabtu, 20 April 2024

Porprov Jatim VII Dijadwalkan 25 Juni Sampai 3 Juli 2022

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sejumlah pengurus KONI Jatim didampingi pengurus KONI Situbondo meninjau venue pentaque di Alun-Alun Situbondo, Jumat (5/11/2021). Foto: Antara

KONI Jawa Timur terus mematangkan persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII yang akan digelar di empat kabupaten wilayah tapal kuda, yakni Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

Akan tetapi, hingga kini Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur belum mengeluarkan surat keputusan pelaksanaan porprov yang sudah tertunda setahun karena pandemi Covid-19.

Terakhir Porprov VI digelar pada 2019 di Lamongan, Tuban, Gresik, dan Bojonegoro.

“Menurut rencana Porprov VIII akan dilaksanakan pada 25 Juni hingga 3 Juli 2022. Namun, sampai sekarang kami masih menunggu keputusan gubernur,” kata Muhammad Nabil Ketua Umum KONI Jatim di dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/3/2022).

Nabil menegaskan meskipun SK pelaksanaan porprov dari gubernur belum terbit, persiapan terus berjalan. Justru, saat ini persiapan makin intensif dilakukan KONI Jatim dan empat daerah tuan rumah.

Nabil mengklaim persiapan sudah hampir 100 persen, seperti persiapan sarana pertandingan sekitar 80–90 persen dan persiapan teknis yang terus dimatangkan. Sedangkan soal akomodasi akan diatur sendiri masing-masing kontingen.

“Kalau persiapan kita tetap jalan semua sudah 90 persen,” klaim Nabil seperti yang dilansir Antara.

Mantan anggota KPU Jatim ini menambahkan saat ini merupakan waktu yang ideal untuk melakukan pembinaan karena porprov menjadi salah satu ajang merekrut atlet-atlet baru untuk masuk dalam Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Mengenai situasi Covid-19 yang tidak menentu dan mengancam gelaran Porprov Jatim, Nabil mengatakan pihaknya akan mempersiapkan format pertandingan dengan penerapan protokol kesehatan seperti pada PON 2020 di Papua.

Porprov Jatim VII dijadwalkan mempertandingkan 47 cabang olahraga, dengan enam cabang akan menjalani prakualifikasi porprov, yakni sepak bola, bola voli, futsal, bola basket, catur, dan pencak silat.

“Enam cabang olahraga itu harus pra-porprov biar tidak banyak peserta dan memakan waktu pertandingan,” pungkas Nabil.(ant/tin/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs