Sabtu, 27 April 2024

Prancis Awali Piala Dunia 2022 dengan Menang Telak 4-1 atas Australia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Olivier Giroud dari Prancis merayakan gol keempat bersama rekan setimnya dalam pertandingan Grup D Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Rabu (23/11/2022) dinihari WIB. Foto: Reuters

Prancis memulai Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 4-1 atas Australia dalam pertandingan Grup D perdana mereka di Al Janoub Stadium, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

Mengutip Antara, empat gol Prancis tercipta dari dua sepakan Olivier Giroud, sementara dua lainnya dicetak oleh Adrien Rabiot dan Kylian Mbappe. Sebelumnya, Australia sempat unggul lebih dahulu oleh Craig Darwin.

Pada menit ke-9, Australia memberi kejutan kepada Prancis dengan gol cepat yang dilakukan Goodwin. Setelah dia memanfaatkan umpan Mathew Leckie dari sisi kanan dan menjebol gawang Hugo Lloris.

Empat menit kemudian, Prancis terpaksa melakukan pergantian cepat setelah Lucas Hernandez cedera dan harus digantikan Theo Hernandez, saudaranya.

Skor berubah imbang 1-1 untuk Prancis pada menit ke-27. Umpan lambung Theo Hernandez mengecoh barisan bek Australia. Bola disambar Rabiot tanpa gangguan.

Les Bleus, julukan tim Prancis, berbalik memimpin 2-1 pada menit ke-32. Kali ini, Rabiot menjadi arsitek gol kedua setelah umpan tariknya diselesaikan Olivier Giroud di depan gawang.

Berkat keunggulan tersebut, Prancis dapat mengontrol jalannya pertandingan. Hingga babak pertama usai, tidak ada gol tambahan tercipta dari kedua negara.

Pada babak kedua, Prancis melanjutkan dominasi pertandingan. Pasukan Didier Deschamps dapat membuat Australia kesulitan dalam membangun serangan hingga separuh babak kedua.

Pada menit ke-68, Prancis kembali menambah keunggulannya. Kali ini, Kylian Mbappe mencatatkan namanya di papan skor.

Lewat serangan dari sisi kanan, Ousmane Dembele melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Mbappe yang berada di depan gawang bisa memenangi duel udara dan menanduk masuk bola ke gawang Australia. Skor menjadi 3-1.

Tiga menit berselang Prancis kembali unggul melalui gol kedua yang dicetak Giroud.

Prancis memimpin 4-1 setelah Kylian Mbappe melakukan tusukan di sisi kiri Australia, yang sebelumnya mengirimkan umpan ke tengah yang bisa disundul Giroud.

Setelah unggul tiga gol, Prancis menurunkan tempo serangan dan memasukkan beberapa pemain pengganti. Tidak ada tambahan gol hingga pertandingan selesai. Prancis berhasil mengamankan kemenangan 4-1 atas Australia.

Hal ini membawa Prancis ke posisi juara bertahan dengan tiga poin dan memimpin Grup D Piala Dunia 2022. Sementara Tunisia dan Denmark berada di posisi bawahnya setelah bermain imbang tanpa gol, dan Australia menjadi juru kunci.

Susunan Pemain:
Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard (89′ Jules Kounde), Dayot Upamecano, Ibrahima Konate, Lucas Hernandez (13′ Theo Hernandez); Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni (77′ Youssouf Fofana); Ousmane Dembele (77′ Kingsley Coman), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (89′ Marcus Thuram).

Australia (4-1-4-1): Mathew Ryan; Nathaniel Atkinson (85′ Milos Degenek), Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich; Aaron Mooy; Craig Goodwin (74′ Garang Kuol), Riley McGree (73′ Awer Mabil), Jackson Irvine (85′ Keanu Baccus), Matthew Leckie; Mitchell Duke (56′ Jason Cummings).(ant/tik/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs