Jumat, 9 Desember 2022

PSSI Jatim Siapkan 134 Perangkat Pertandingan untuk Liga 3

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana pemberian materi untuk perangkat pertandingan dalam rangka menyambut liga 3 2022/2023 yang akan digelar pada Oktober mendatang. Foto: PSSI Jatim

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur menyiapkan sebanyak 134 perangkat pertandingan untuk memimpin laga pada perhelatan liga 3 2022/2023 yang akan digelar pada Oktober 2022 mendatang.

Dari 134 perangkat pertandingan tersebut, sebanyak 59 merupakan wasit, dan 77 merupakan asisten wasit. Mereka semua telah mengikuti program peningkatan kualitas perangkat pertandingan dan dinyatakan lolos.

Sebelumnya, ada sebanyak 140 perangkat pertandingan yang mengikuti program refreshment. Namun, dari seluruh yeng mengikuti kegiatan itu tidak semuanya lolos dan dapat memimpin pertandingan liga 3 2022/2023.

Dyah Puspitorini Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim mengatakan bahwa, program ini menjadi bekal bagi wasit dan asisten wasit untuk mengarungi liga 3 yang akan segera di gelar.

“Jadi, refreshment wasit ini adalah agenda resmi, dan kewajiban Asprov untuk membuat itu sebelum kompetisi resmi bergulir. Tentu dari program itu kita ingin meningkatkan kualitas pertandingan,” ucapnya pada suarasurabaya.net pada Senin (26/9/2022).

Pada kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa dalam program tersebut, seluruh perangkat pertandingan kembali diingatkan lima peraturan yang sudah ada. Yakni, keputusan dalam mengesahkan gol, handball, offside, pemberian pinalti hingga pemberian kartu kuning dan merah.

Menurutnya, hal tersebut kembali dipelajari karena masih sering terjadi kesalahan dalam mengambil keputusan saat wasit bertugas di lapangan.

“Jadi, selain diberi aturannya, mereka juga belajar dan diskusi tentang kasus. Nonton video kemudian dipelajari, baik dari video pertandingan di dalam negeri maupun luar negeri,” ucapnya.

Ia berharap, dari adanya kegiatan ini benar-benar dapat memberi dampak positif terhadap berlangsungnya pertandingan. Sehingga, wasit maupun asisten wasit dapat melakukan tugasnya dengan maksimal.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 9 Desember 2022
31o
Kurs