Jumat, 19 April 2024

PSSI: Rakor Soal Kelanjutan Liga 1 Digelar Jumat Besok di Kemenpora

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan keterangan mengenai pelaksanaan turnamen Piala Indonesia 2022-2023 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (29/8/2022). Iriawan menegaskan bahwa PSSI tetap berupaya menggulirkan Piala Indonesia tersebut meski terkendala pendanaan. Foto: Antara

Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI mengatakan bahwa Rapat Koordinasi (Rakor) mengenai kelanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023 akan digelar Jumat (18/11/2022) besok, di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta.

“Rapatnya akan dipimpin Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Mulai sekitar pukul 10.00 WIB,” tuturnya pada di Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Melansir Antara, Iwan Bule, panggilan akrabnya, juga mengatakan tak merinci apa saja yang akan dibicarakan dalam rakor tersebut, termasuk siapa saja pihak yang akan hadir.

Namun, berdasarkan pengalaman sebelumnya, rakor terkait Liga 1 dihadiri oleh PT Liga Indonesia Baru, perwakilan Polri dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Menurut Iriawan, rapat itu dilaksanakan setelah Satuan Tugas (Satgas) Transformasi Sepak Bola Indonesia merumuskan laporan awal terkait finalisasi regulasi dan Prosedur Operasi Standar (SOP) pertandingan sepak bola di Indonesia setelah terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Laporan awal itu disusun berdasarkan hasil rencana aksi yang dilakukan dari masing-masing Kementerian atau Lembaga seperti dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), Polri, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), PSSI dan PT LIB.

“Kita lihat besok bagaimana perkembangannya,” ujar Iriawan.

Sebelumnya, Zainudin sempat mengatakan bahwa rapat koordinasi baru digelar ketika sudah ada titik terang dari pemerintah soal kelanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023 yang dihentikan sejak 2 Oktober 2022, yakni setelah meletusnya peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF), yang dibentuk Pemerintah Indonesia untuk menindaklanjuti tragedi Stadion Kanjuruhan, sempat merekomendasikan kepada Pemerintah Indonesia untuk tidak mengizinkan pelaksanaan Liga 1, 2 dan 3, sebelum PSSI melaksanakan kongres luar biasa (KLB) untuk mengganti ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco).

Terkait itu, PSSI mematuhi TGIPF dengan menggelar KLB pada 16 Februari 2023. Sebelum itu, digelar kongres biasa untuk penentuan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) pada 14 Januari 2023.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs