Minggu, 19 Mei 2024

Pulangkan Belanda Lewat Adu Penalti, Argentina Melaju ke Semifinal

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain Argentina melakukan selebrasi usai menang adu penalti lawan Belanda dalam pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Doha, Sabtu (10/12/2022). Foto: AFP

Argentina berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 Qatar usai menang drama adu penalti 4-2 lawan Belanda, setelah bermain 2-2 selama 120 menit di Lusail Stadium, Doha pada Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Argentina unggul terlebih dahulu berkat gol Nahuel Molina dan Lionel Messi, dengan gol penyeimbang Belanda diborong oleh Wout Weghorst.

Melansir laporan Antara, Tim Tango berhasil memimpin pada menit ke-35. Messi melewati dua pemain sebelum memberikan umpan terobosan akurat ke Nahuel Molina yang masuk ke kotak penalti.

Virgil van Dijk mencoba untuk mengganggu tendangan Molina, tetapi bola tetap masuk ke gawang Andries Noppert kiper untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Dalam kondisi tertinggal, Belanda secara perlahan mulai meningkatkan serangan. Mereka beberapa kali mendapatkan peluang, tetapi penyelesaian akhir masih buruk.

Tidak ada gol tambahan sampai babak pertama tuntas. Argentina memimpin 1-0 atas Belanda.

Selepas jeda, Belanda langsung tancap gas dan menekan Argentina demi mencetak gol penyeimbang. Namun, para pemain Argentina bertahan dengan sangat brilian dan menahan serangan De Oranje dari kedua sisi sayap.

Argentina justru sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-74, setelah mendapatkan hadiah penalti. Marcos Acuna dijatuhkan Denzel Dumfries di kotak terlarang.

Lionel Messi yang maju sebagai eksekutor Argentina sukses menjalankan tugas dengan sempurna. Tim Tango unggul 2-0 atas Belanda.

De Oranje akhirnya memperkecil ketertinggalan pada menit ke-83. Pemain pengganti, Wout Weghorst berhasil menanduk bola hasil umpan silang Steven Berghuis. Skor berubah 2-1 masih untuk keunggulan Argentina.

Pertandingan sedikit memanas menjelang akhir pertandingan setelah Leandro Paredes membuang bola ke arah bangku cadangan tim Belanda hingga membuat para pemain kedua tim saling dorong.

Wasit memberikan kartu kuning kepada Leandro Paredes dan Virgil van Dijk atas kejadian itu.

Saat Argentina hampir memenangkan pertandingan, Belanda secara dramatis mencetak gol penyeimbang 2-2 pada menit ke-100.

Pemain belakang Argentina melakukan pelanggaran di depan kotak penalti, membuat Belanda mendapatkan tendangan bebas yang berhasil dituntaskan Weghorst dan memaksa pertandingan berlanjut waktu tambahan.

Meski dalam waktu tambahan banyak peluang tercipta, pertandingan harus dilanjutkan ke babak penalti karena kedua tim sama-sama gagal mencetak gol.

Messi, Paredes, Montiel melaksanakan tugasnya dengan baik untuk Argentina dengan Lautaro Martinez menjadi penentu kemenangan. Hanya Enzo Fernandez yang gagal memasukkan bola untuk Argentina.

Sementara itu Emiliano Martinez sukses menghentikan dua penendang Belanda, dengan Teun Koopmeiners, Wout Weghorst dan Luuk de Jong yang sukses menjebol gawang Argentina.

Dengan begini, Argentina menang adu penalti dengan skor 4-2 dan akan menghadapi Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version