Senin, 27 Mei 2024

Ribuan Atlet Jatim Ikuti Popda XIII dan Paperda I di Sidoarjo

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Atlet senam ritmik yang tampil dalam pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIII dan Pekan Paralympik Pelajar Daerah (Peparpeda) I di GOR Sidoarjo, pada Selasa (8/11/2022) malam. Foto: Risky suarasurabaya.net

Ribuan atlet di Jawa Timur mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIII dan Pekan Paralympik Pelajar Daerah (Peparpeda) I.

Pulung Chausar Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Jawa Timur, mengatakan bahwa gelaran pesta olahraga pelajar itu, diikuti oleh 2.516 siswa siswi pilihan dari 38 kabupaten atau kota di Jawa Timur.

“Untuk Popda dimulai pada tanggal 8 November hingga tangga 2 November besok,” ucapnya berada di Gelanggang Olahraga (GOR) Sidoarjo, pada Selasa (8/11/2022) malam.

Sedangkan, dalam Popda yang ke tiga belas itu, akan mempertandingkan sebanyak 16 cabang olahraga.

Masing-masing yakni, atletik, karate, renang, taekwondo, petanque, catur, panahan, balap sepeda, panjat tebing, tenis, wushu, bridge, gulat, sepatu roda dan selam.

Atlet karate yang tampil dalam pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIII dan Pekan Paralympik Pelajar Daerah (Peparpeda) I di GOR Sidoarjo, pada Selasa (8/11/2022) malam. Foto: Risky suarasurabaya.net

Kemudian, gelaran Peparpeda akan dilaksanakan setelah Popda tuntas, yakni pada tanggal 14 hingga 16 November mendatang.

“Total jumlah peserta Peparpeda ada sebanyak 243 siswa dan siswi dari 29 kabupaten atau kota se-Jawa Timur, dan didampingi sebanyak 114 official,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, bahwa dalam Peparpeda I ada empat cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

“Ada empat cabang olahraga untuk Peparpeda, yakni atletik, renang, tenis meja serta bulu tangkis,” ujarnya.

Atlet sepeda usia dini yang tampil dalam pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIII dan Pekan Paralympik Pelajar Daerah (Peparpeda) I di GOR Sidoarjo, pada Selasa (8/11/2022) malam. Foto: Risky suarasurabaya.net

Pulung Chausar menambahkan, ada sebanyak 16 venue yang dijadikan sebagai tempat bertandingnya atlet, yakni mulai dari lapangan hingga gedung olahraga yang ada di Sidoarjo.

Ia juga menyampaikan bahwa pertandingan dalam ramgkaian Popda VIII itu akan merebutkan total 1.150 medali. Sedangkan, untuk Peparpeda I merebutkan sebanyak 349 medali.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa gelaran pekan olahraga itu merupakan ajang kompetisi serta evaluasi pembinaan olahraga di kalangan pelajar seluruh kota dan kabupaten yang ada di Jawa Timur.

Ia berharap, dengan adanya Popda XIII dan Parpeda I yang tahun ini diselenggarakan di Sidoarjo, dapat menjadi wadah atlet untuk mengembangkan kemampuannya dan meraih prestasi.(ris/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs