Kamis, 25 April 2024

Studi FIFA: Banyak Hasil 0-0 di Piala Dunia Qatar Karena Tim Terlalu Hati-hati

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Matt Turner Kiper Amerika Serikat melakukan penyelamatan pada laga penyisihan Grup B Piala Dunia antara Amerika Serikat melawan Inggris di Stadion Al-Bayt, Jumat (25/11/2022). Foto: Antara

Kelompok studi teknis FIFA menyatakan banyaknya hasil imbang tanpa gol dalam pertandingan Piala Dunia disebabkan ketakutan tim ketinggalan lebih awal.

Melansir Antara, Minggu (27/11/2022), kelompok studi itu mencatat ada lima pertandingan tanpa gol dari 20 pertandingan pertama di Piala Dunia 2022.

Pada Piala Dunia 2018, hanya ada satu hasil imbang 0-0 saat Prancis melawan Denmark.

Sunday Oliseh mantan pemain internasional Nigeria seperti dikutip AFP mengatakan, itu bisa terjadi karena tim tidak ingin mengambil risiko di awal.

“Data sebelumnya menunjukkan sekitar 70 persen tim yang kalah di pertandingan pertama mereka tersingkir di babak penyisihan grup, dan mereka semua sadar akan hal itu.”

Pertandingan antara Uruguay dengan Korea Selatan pada Kamis lalu merupakan pertandingan Piala Dunia pertama yang tidak terlihat tembakan tepat sasaran di abad ke-21.

“Banyak tim mengandalkan pendekatan hati-hati. Banyak tim menurunkan lima bek dan bermain sangat ketat dan kompak. Mereka ingin memastikan setidaknya satu poin dari pertandingan pertama mereka dan jika ada peluang, mencoba memenangkan pertandingan,” kata Alberto Zaccheroni pelatih veteran Italia.

Meski Inggris mengalahkan Iran 6-2 dan Spanyol mengalahkan Kosta Rika 7-0, sejauh ini ada lebih sedikit gol per pertandingan di Qatar daripada di Rusia atau di Brasil pada 2014.(ant/tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs