Jumat, 10 Mei 2024

Menang Dua Kali di Fase Grup, Prancis Patahkan Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain timnas Prancis merayakan kemenangan mereka atas Denmark 2-1, dalam laga lanjutan Grup D Piala Dunia 2022 Qatar, Minggu (27/11/2022). Foto: Reuters

Timnas Prancis berhasil menundukkan Denmark dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan fase grup Piala Dunia Qatar 2022, Minggu (27/11/2022) dini hari.

Les Bleus membuka keunggulan pada menit ke-61 dari aksi Kylian Mbappe. Lalu, Denmark mampu menyamakan skor pada menit ke-68 dari Andreas Christensen.

Mbappe jadi penentu kemenangan Prancis lewat golnya pada menit ke-86, yang mengantarkan mereka lolos ke fase selanjutnya.

Hasil tersebut sekaligus mematahkan kutukan juara bertahan Piala Dunia yang gagal lolos ke babak 16 besar sejak tiga edisi silam.

Sebelumnya, juara bertahan yang gagal di fase grup adalah Italia juara bertahan 2006, gagal lolos di edisi 2010, kemudian Spanyol juara 2010 di 2014, disusul Jerman yang kandas pada edisi 2018.

Melansir Antara yang mengutip AFP, Didier Deschamps pelatih Perancis mengaku tidak pernah khawatir timnya mungkin menjadi juara bertahan berikutnya yang tersingkir karena kutukan tersebut.

“Saya harus berterima kasih kepada semua orang yang memberi tahu soal itu kepada saya,” kata Deschamps dalam keterangan pers usai pertandingan.

Selain mengalahkan Denmark, Prancis berhasil meraih kemenangan 4-1 atas Australia dalam laga pembuka. Dua kemenangan itu membuat Prancis mengumpulkan enam poin, dan bisa finis dengan status juara Grup D.

Olivier Giroud dkk hanya perlu hasil seri dalam pertandingan terakhir melawan Tunisia untuk keluar sebagainjuara grup.

“Saya tidak pernah khawatir, meski Anda tahu atmosfer dalam skuad tidak selalu tenang. Kami tidak akan terbawa suasana tetapi apa yang sudah kami lakukan sejauh ini sangat bagus,” pungkas Deschamps. (ant/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs