Sabtu, 20 April 2024

Sukses Bekuk Vietnam 3-2, Indonesia U-20 Lolos Piala Asia 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya setelah timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Vietnam 3-1 pada Minggu (18/9/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan dalam laga terakhir kualifikasi AFC U-20 saat melawan Vietnam yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Minggu (18/9/2022).

Dalam pertandingan yang digelar mulai pukul 20.00 WIB itu, Indonesia berhasil menaklukkan Vietnam dengan skor 3-2 dan memastikan juara grup F sekaligus lolos ke babak selanjutnya dalam AFC U-20 Uzbekistan 2023.

Bermain di hadapan suporter sendiri, timnas Indonesia langsung mengambil inisiatif untuk menyerang sejak menit awal. Peluang pertama didapatkan Indonesia saat memasuki menit ke-5 melalui Hokky Caraka, namun tendangannya masih dapat diantisipasi dengan baik oleh Cao Van Bin.

Indonesia terus melakukan serangan, menit ke-19 Hokky Caraka berhasil menyisir dari sisi kanan dan menerobos masuk ke kotak pinalti. Namun, tendangannya masih berhasil dihalau kiper lawan.

Sementara itu, Vietnam mendapat peluang pada menit ke-21 melalui tendangan dari luar kotak pinalti. Tetapi, tendangannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Memasuki menit ke-28 Indonesia kembali mendapat peluang emas yang berada tepat di depan gawang Vietnam, yakni melalui sundulan yang didapat oleh Hokky Caraka. Namun, belum bisa melesakkan bola ke dalam gawang.

Menit ke-35 Frengky Missa mendapat peluang di dalam kotak pinalti, setelah menyambut umpan panjang dari tengah. Namun, eksekusinya melenceng jauh ke kiri gawang Vietna

Memasuki babak kedua, Indonesia kembali menekan pertahanan Vietnam. Alhasil, pada menit ke-59 Marselino Ferdinan yang baru saja masuk menggantikan Ronaldo Kwateh, mencatatkan namanya di papan skor dengan membuat gol melalui tendangan kerasnya. Keunggulan untuk Indonesia 1-0.

Tak berselang lama, tepatnya berada di menit 65, Vietnam menyamakan kedudukan melalui skema umpan silang yang memaksa Muhammad Ferari melakukan bunuh diri. Skor kembali imbang 1-1.

Vietnam kembali menambah keunggulan, melalui Dinh Xuan Tien yang berhasil melesakkan tendangan dan gagal diantisipasi oleh Aditya Arya, pada menit ke-78. Keunggulan untuk Vietnam 1-2.

Tak lama kemudian, Muhammad Ferari berhasil melunasi kesalahannya dengan membuat gol melalui tandukan pada menit ke-81. Skor kembali bertahan imbang 2-2.

Selang tiga menit kemudian, tepatnya pada menit ke-84 Indonesia kembali menambah pundi-pundi gol, kali ini melalui Rabbani Tasnim Siddiq. Keunggulan untuk Indonesia 3-2.

Tertinggal satu gol, Vietnam langsung keluar menyerang. Namun, tidak ada gol yang dapat dilesakkan.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan babak kedua, skor tidak berubah, dan kemenangan untuk Indonesia dengan skor 3-2.(ris/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs