Kamis, 25 April 2024

TC di Korsel, Shin Tae-yong Minta Skuad Garuda Muda Tidak Puasa Waktu Bertanding

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia. Foto: PSSI

Timnas Sepak Bola Indonesia usia di bawah 19 tahun (U-19) yang disiapkan untuk berlaga di Piala Dunia 2023, menjalani pemusatan latihan (training camp/TC), di Riverside Soccer Field, Daegu, Korea Selatan.

Yang berbeda dengan sebelumnya, TC kali ini dilakoni Garuda Muda bertepatan dengan Bulan Ramadan 1443 Hijriah.

Shin Tae-yong Pelatih Kepala Timnas Indonesia mengatakan, tim akan menjalani latihan seperti biasa. Tapi, waktu pertandingan uji coba, Shin Tae-yong sudah berkoordinasi dengan para pemain untuk tidak menjalankan puasa supaya bisa tampil maksimal.

“Kami tahu bahwa ada bulan puasa. Tapi, karena training camp (TC) di luar negeri kita koordinasi dan komunikasi dengan para pemain. Puasa itu dijalani saat istirahat dan tidak dijalani kalau ada pertandingan atau uji coba,” kata Shin Tae-yong dalam keterangan resmi di situs PSSI, dikutip Minggu (3/4/2022).

Dalam TC kali ini, Shin Tae-yong mengasah kemampuan para pemain dengan latihan passing dan heading yang menjadi salah satu kekurangan Tim U-19 dalam beberapa pertandingan terakhir.

Menurutnya, kekurangan mendasar Garuda Muda ada di sektor operan dan sundulan, baik terkait timing dan kecepatan mengantisipasi bola.

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai, dalam beberapa kali uji coba di negaranya kemampuan dasar organisasi para pemain masih kurang sehingga perlu diasah.

Dalam cuaca dingin di Daegu, Garuda Muda harus menambah porsi latihan sendiri-sendiri untuk meningkatkan performanya.

“Kondisi tim sangat baik, para pemain pun tahu kekurangan mereka sendiri. Jadi, mereka lebih banyak latihan sendiri sehingga ke depan bisa lebih baik,” tambah Shin Tae-yong.

Sekadar informasi, Timnas U-19 rencananya akan kembali menggelar rangkaian uji coba dengan Kimchoen FC (5/4/2022), Pohang (6/4/2022), dan Daegu Fc (7/4/2022) yang berlangsung di Daegu, Korea Selatan.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs