Minggu, 28 April 2024

Arsenal Juara Community Shield Usai Kalahkan City Lewat Adu Penalti

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain Arsenal merayakan kesuksesan mereka menjuarai Community Shield 2023/24 setelah menang adu penalti lawan Manchester City di Wembley Stadium, London pada 6 Agustus 2023. Foto: Antara/ Reuters

Arsenal sukses menjuarai trofi FA Community Shield musim 2023/24, usai menang adu penalti 4-1 atas Manchester City di Stadion Wembley, Minggu (06/8/2023) malam WIB. Sebelumnya kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak kedua berakhir.

City sempat membuka keunggulan lewat gol Cole Palmer pemain muda mereka sebelum The Gunners secara dramatis menyamakan kedudukan di masa injury time.

Melansir Antara, The Citizens mendominasi penguasaan bola sejak menit awal pertandingan, tapi mereka kesulitan menembus pertahanan Arsenal.

Peluang pertama City baru muncul pada menit ke-15 lewat sepakan Rodri dari luar kotak penalti, sayangnya arah bola masih melebar dari gawang Aaron Ramsdale.

Arsenal merespons lewat sepakan Kai Havertz dari jarak dekat pada menit ke-25, tetapi bola masih bisa ditepis Stefan Ortega. Bola rebound gagal disambar oleh Gabriel Martinelli.

The Gunners mendapat peluang lagi pada menit ke-40. Kali ini Saka menusuk dari sisi kiri pertahanan City sebelum memberikan umpan tarik yang disambut sepakan Haverzt, tapi masih bisa ditepis Ortega. Babak pertama berakhir skor kacamata.

Memasuki babak kedua, skuad asuhan Pep Guardiola masih mendominasi penguasaan bola dan menekan Arsenal sedari awal. Pada menit ke-52, John Stones menanduk bola sepakan korner Julian Alvarez yang bisa ditepis Ramsdale.

City memasukkan Kevin De Bruyne dan Colin Palmer untuk menggantikan Haaland dan Mateo Kovacic pada menit ke-64.

Strategi itu Guardiola berhasil dan kebuntuan pecah pada menit ke-77. Bermula dari serangan balik yang diawali Foden, bola diarahkan ke depan kotak penalti, tetapi gagal dihalau Kieran Tierney dengan baik.

Bola yang jatuh di kaki De Bruyne langsung dioper ke Palmer di sisi kanan kotak penalti. Palmer kemudian melepaskan sepakan kaki kiri melengkung ke tiang jauh gawang Ramsdale. Skor menjadi 1-0.

City hampir menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-82 andaikan tandukan Rodri tidak ditepis Ramsdale.

Sayangnya, kemenangan City di depan mata harus sirna saat Arsenal secara dramatis bisa menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-111. Berawal dari sepak pojok, para pemain City gagal membuang bola dan jatuh di kaki Saka yang mengopernya ke Leandro Trossard.

Trossard mengecoh satu pemain sebelum menembak yang membuat bola membentur Manuel Akanji hingga berubah arah dan membuat Stefan Ortega mati langkah. Skor 1-1 bertahan hingga babak kedua selesai dan laga dilanjutkan ke adu penalti.

Pada drama adu penalti, empat penendang Arsenal sukses menjalankan tugasnya. Sementara dua penendang City, Kevin De Bruyne dan Rodri gagal memasukkan bola sehingga tim London Utara menang dengan skor 4-1 dan keluar sebagai juara. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs