Sabtu, 18 Mei 2024

Aston Martin Targetkan Podium di Paruh Kedua Musim 2023 F1

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mike Krack Kepala tim Aston Martin. Foto: F1

Mike Krack Kepala tim Aston Martin menyatakan ingin segera membenahi performa timnya agar menjadi lebih kompetitif dan merebut podium pada paruh kedua musim 2023 dari Formula 1 (F1).

“Memang, memperbaiki mobil menjadi cukup rumit, karena kami mencoba menghadirkan peningkatan, tapi terkadang malah membuat ‘efek samping’ untuk performanya. Ini hanya dapat disadari ketika kita berada di balik kemudi,” kata Krack dilaporkan Antara mengutip laman resmi F1, Sabtu (19/8/2023).

Meskipun di akhir musim 2022 Aston Martin berhasil meraih enam podium, performa mereka dinilai menurun sejak GP Kanada pada bulan Juni dan Fernando Alonso pembalap utama Aston Martin hanya mampu finis di posisi lima di Austria dan Belgia.

Krack setuju dengan penilaian Alonso terkait peringkat Aston Martin di posisi lima dalam hal kecepatan mobil F1 saat dibandingkan dengan Mercedes, McLaren, dan Ferrari.

“Dan pada saat yang sama, kami mendapati beberapa pesaing kami membuat kemajuan besar dan ini menyebabkan jatuhnya (level) kami di grid. Dan kami memerlukan beberapa peristiwa untuk menganalisisnya, untuk memahaminya, dan untuk mencoba dan memperbaikinya,” tutur Krack.

Dalam GP Belgia, Krack menyebut tim telah memberikan beberapa peningkatan di menit-menit terakhir dan hasilnya sedikit terlihat pada balapan. Tren positif ini ia lanjutkan dalam GP Belanda mendatang.

“Kami akan mencoba meningkatkan mobil lebih jauh. Ada beberapa hal yang direncanakan untuk menaklukkan Sirkuit Zandvoort, dan kami perlu menutup celah itu lagi,” ungkapnya.

Krack mengaku cukup optimistis untuk membawa kemenangan setelah liburan musim panas ini dan mampu menunjukkan peningkatan yang signifikan.

“Ya. Maksud saya, dalam keadaan normal, mungkin itu terdengar sangat sulit dan ambisius. Tapi di sisi lain, celahnya sangat kecil. Kami telah melihat beberapa kekurangan kami, dan yang terpenting saat ini adalah memulihkannya dan mencoba sedikit lagi,” jelas Krack.

Sekadar informasi, F1 kini masih berada di jeda musim panas. Putaran ke-14 musim ini akan bergulir di Sirkuit Zandvoort, Belanda, pada 25-27 Agustus. (ant/bnt/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs