Senin, 29 April 2024

Verstappen Raih Posisi Pole di F1 GP Austria

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Max Verstappen dari Red Bull melakukan selebrasi setelah lolos kualifikasi di posisi terdepan bersama , Mario Isola Direktur Motorsport Pirelli di Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Foto: Reuters

Max Verstappen Pebalap Red Bull meraih pole pada babak kualifikasi Grand Prix Austria setelah bersaing sengit dengan dua pebalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz dalam sesi yang penuh adrenalin pada Jumat.

Sesuai statistik resmi F1, Verstappen mencetak waktu tercepat 1 menit 04,391 detik. Leclerc dan Sainz mengikuti di belakangnya yang hanya selisih masing-masing 0,048 detik dan 0,19 detik saja dari pebalap berkebangsaan Belanda tersebut.

Meski catatan resmi FIA menunjukkan pole position tidak memberikan keuntungan yang banyak di Spielberg, Verstappen masih memiliki peluang besar untuk mencetak kemenangan di balapan utama, sesuai dikutip dari Antara, Sabtu (1/7/2023).

Verstappen memiliki kesempatan menjadi pebalap paling sukses dalam sejarah F1 GP Austria setelah meraih tiga kemenangan. Semuanya ia raih bersama Red Bull, masing-masing pada 2018, 2019, dan 2021, yang menandingi kesuksesan Alain Prost.

Di sisi lain, performa Verstappen, Leclerc dan Sainz ini tak jauh berbeda dengan sesi latihan bebas (free practice/FP) pertama. Verstappen memimpin di depan dua pebalap Ferrari dengan kuat dan sengit.

Terlepas dari penampilan spektakuler Verstappen, hasil ini juga merupakan performa terbaik duet Ferrari menyusul sejumlah putaran yang berat bagi tim kuda jingkrak tersebut.

Meskipun demikian, Sergio Perez rekan satu tim Verstappen harus absen dari pertarungan di Q3 setelah tersingkir di fase kedua dengan waktu yang dihapus berturut-turut.

Selanjutnya, posisi keempat diraih oleh Lando Norris (McLaren) yang mengalahkan persaingan ketat dari Lewis Hamilton (Mercedes), dan dua pebalap Aston Martin yaitu Lance Stroll dan Fernando Alonso, yang masing-masing merebut posisi kelima hingga tujuh.

Nico Hulkenberg pebalap Haas F1 juga memberikan kejutan dengan finis di posisi kedelapan, ditempatkan di depan Pierre Gasly pebalap Alpine dan Alex Albon pebalap Williams.

George Russell rekan satu tim Hamilton tidak mampu masuk daftar 10 besar di babak kualifikasi setelah dikenakan pelanggaran batas trek (track limit) di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Meski demikian, ia berada di depan Esteban Ocon (Alpine), Oscar Piastri (McLaren), Valtteri Bottas (Alfa Romeo). (ant/bnt/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs