Minggu, 14 April 2024

Bang Towel Berharap Erick Penuhi Janji untuk Bersih-Bersih Sepak Bola Tanah Air

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Erick Thohir (kiri) Ketum Baru PSSI saat bertemu dengan Gianni Infantino Presiden FIFA di Doha, Qatar, Oktober 2022 lalu. Foto: Antara

Tommy Welly pengamat sepak bola berharap Erick Thohir segera memenuhi janjinya setelah terpilih sebagai Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB), Kamis (16/2/2023) hari ini.

Dia mengatakan prioritas utama yang harus dilakukan Erick selama menjabat adalah bersih-bersih organisasi sepak bola Tanah Air, seperti saat disampaikan pada awal pencalonannya sebagai Ketum PSSI.

Pengamat sepak bola itu menyebut kalau selama ini banyak orang-orang yang jadi benalu dan parasit, punya posisi penting di elite sepak bola itu sendiri.

“Orang-orang lama yang track record-nya negatif. Tinggal nyalinya, berani nggak bersih-bersih itu,” tegas Bang Towel sapaan akrabnya kepada Radio Suara Surabaya, Kamis malam.

Sementara terkait terpilihnya Erick sebagai Ketum PSSI periode 2023-2027, dia menyebut kalau hal itu sudah diprediksi banyak pihak.

Selain rekam jejak di kancah sepak bola internasional, alasan lain terpilihnya Erick yakni posisinya yang ada di pusaran kekuasaan atau pemerintah sebagai Menteri BUMN.

“Saya kira ini sudah diprediksi banyak orang ya, karena sosoknya (Erick) yang saat ini ada di otoritas kekuasaan pemerintah. Jadi ya ada kapasitas, ada kaliber gitu yang kuat, sehingga arahannya pasti kuat juga,” ucapnya.

Bang Towel melanjutkan, sepak bola tanah air situasi dan culture-nya berbeda dengan ekosistem sepak bola di Eropa dan Amerika, seperti yang pernah diarungi Erick.

“Apa yang terjadi di Eropa jelas beda, pendekatannya juga belum tentu sama. Di sini kita masih bicara soal wasit kontroversial, offside, tentang suporter lempari tim tamu, Jadi kalo di copy paste, apa benar bisa? Nggak semudah itu,” ujarnya.

Terakhir, Bang Towel berharap agar Erick Thohir tidak memainkan peran one man show, dan betul-betul berkolaborasi dengan seluruh Executive Committee alias Exco PSSI, yang jumlahnya ada 15 termasuk ketua umum itu sendiri.

“Katakanlah dia lokomotif yang bagus, tapi kalau gerbongnya keropos, bisa jadi masalah juga untuk perjalanan. Untuk itu butuh orang-orang yang punya integritas, profesional dan bisa dipercaya,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
30o
Kurs