Kamis, 22 Februari 2024

Bilbao Akhiri Penantian Spanyol dengan Menangi Etape 10 Tour de France

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pello Bilbao Pembalap tim Bahrain-Victorious asal Spanyol melakukan selebrasi setelah melintasi finis etape 10 Tour de France, 167,5km dari Vulcania ke Issoire, Prancis. (11/7/2023). Foto: Antara

Pello Bilbao (Bahrain Victorious) finis pertama di Etape 10 Tour de France 2023 pada Selasa (11/7/2023) malam. Ia menjadi pembalap Spanyol pertama yang meraih kemenangan etape di Tour de France dalam lima tahun terakhir.

Krists Neilands pembalap asal Latvia hampir membuat tim Israel-Premier Tech menang untuk kedua kalinya secara beruntun, namun dia gagal dan disusul oleh enam pembalap lainnya.

“Neilands melakukan serangan yang mengesankan, dia adalah yang terkuat, tapi dia terlalu melawan angin depan,” ujarnya.

Menyusul jeda satu hari, di bawah terik matahari saat menyusuri lintasan sepanjang 167 km dari taman hiburan bertemakan gunung berapi, Vulcania, peloton bekerja keras melalui lima pegunungan untuk mencapai desa Issoire di Auvergne.

Menjalani salah satu etape yang disebut paling indah di Tour de France, peloton pembalap terpecah karena kondisi intens di medan terbuka di lereng bukit yang sempit di sepanjang garis patahan tektonik gunung berapi Puy de Dome, Prancis.

Dengan sprint menuju finis, Bilbao mengalahkan Georg Zimmermann dan Ben O’Connor pembalap Jerman yang melengkapi podium.

“Saya menunggu momen yang tepat, saat semuanya berada pada limitnya, untuk melakukan serangan,” kata Bilbao, Selasa (11/7/2023).

“Kami bekerja sama dengan baik dalam pengejaran itu. Pada 3 km final, saya tahu saya adalah pebalap tercepat, saya mengendalikannya. Saya membiarkan Zimmermand melakukan serangannya dan saya melancarkan sprint tanpa memikirkan apapun,” kata Bilbao.

Dengan hasil tersebut, Bilbao naik ke peringkat lima sementara, sedangkan juara bertahan Jonas Vingegaard menjaga keunggulan 17 detik sebagai pemuncak klasemen, sementara demi mempertahankan kaus kuning dari ancaman Tadej Pocagar yang menempel di peringkat dua.

Jasper Philipsen juga mempertahankan kaus hijau menuju etape 11, yang menawarkan pembalap spesialis sprint asal Belgia itu kesempatan untuk memenangi etape keempatnya pada Tour musim ini.

Neilson Powless Pembalap Amerika Serikat juga mempertahankan kaus polkadot sebagai raja tanjakan, dan kemungkinan dia akan masih mengenakannya pada Rabu (12/7/2023) saat etape yang datar sepanjang 179,8km dari Clermont-Ferrand ke Moulins. (ant/fra/saf)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
31o
Kurs