Selasa, 30 April 2024

Debut Sukses Toni Firmansyah, Aji Santoso Sebut Mengutamakan Kualitas Ketimbang Pengalaman Pemain

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Toni Firmansyah wonderkid Persebaya Surabaya saat melakoni debutnya dalam pertandingan melawan Persis, Sabtu (1/6/2023). Foto: instagram @officialpersebaya

Toni Firmansyah pemain muda Persebaya yang masuk di babak kedua dalam pertandingan perdana melawan Persis Solo, berhasil memberikan umpan kunci yang berbuah gol bunuh diri.

Sodoran bola di menit ke-84 dari pemain kelahiran tahun 2005 itu sekaligus menjadi penentu kemenangan Persebaya atas Persis di Stadion Manahan Solo, Sabtu (1/7/2023) malam.

Pemain jebolan Elite Pro Academy (EPA) Persebaya itu sebelumnya tidak pernah merasakan atmosfer pertandingan resmi di kasta tertinggi Liga Indonesia. Tapi, Aji Santoso pelatih mempercayainya untuk tampil saat menggantikan Song Ui Young di menit ke-65.

“Mungkin orang bertanya-tanya, ini nggak pernah main di kompetisi resmi kok berani. Kemarin di uji coba juga main, tapi ternyata gol ketiga karena assist-nya dia. Lawan bisa bunuh diri karena dia melakukan solo run, melakukan track, bolanya kencang, akhirnya kena kakinya lawan dan bunuh diri,” ucapnya usai pertandingan, di Kota Solo, Jawa Tengah.

Aji memasang pemain muda di laga berintensitas tinggi itu karena tidak memandang pengalaman pemain, tetapi lebih pada kualitas pemain.

“Walaupun pengalaman cukup penting, tetapi pengalaman itu hanya tunggu waktu saja, karena saya tau, ketika Toni persiapan menjelang pertandingan ini di Surabaya cukup bagus. Artinya, sudah terpatahkan lagi bahwa pemain itu harus berpengalaman. Pengalaman itu perlu, tapi kualitas lebih penting,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyatakan tidak percaya sejarah dan statistik pertandingan.

“Pertandingan-pertandingan pertama, saya belum pernah menang, hanya seri. Tapi Alhamdulillah ini terpatahkan lagi menang, jadi sekali lagi saya tidak pernah percaya. Memang waktu itu, mungkin banyak peluang yang tidak masuk, terus pemain juga masih perlu beradaptasi dengan situasi kompetisi. Tapi itu terbukti di pertandingan lain juga, terjadi kejutan kan,” jelasnya.

Ke depan, dia berharap hasil positif yang diraih Persebaya dapat terus berlanjut di laga-laga selanjutnya.

“Mudah-mudahan saja, karena target kami juara. Ini awal yang bagus, mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita kami bisa tercapai,” pungkasnya.(ris/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
33o
Kurs