Selasa, 30 April 2024

Disulut di Candipari Sidoarjo, Api Porprov VIII Jatim Dikirab ke Empat Kabupaten/Kota

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo saat memegang Obor api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII/2023 Jawa Timur di Candipari Sidoarjo, Senin (4/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Obor api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VIII Jawa Timur (Jatim) disulut di Candipari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Senin (4/9/2023).

Setelah penyulutan api selesai, dilanjut dengan kirab api menuju beberapa Kecamatan di Kabupaten dan Kota tuan rumah Porprov Jatim.

Penyerahan obor api dalam kirab penyambutan Porporv tersebut, diserahkan secara langsung oleh Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo di Candipari kepada para atlet yang melakukan estafet kirab tersebut.

Rute kirab tersebut, di hari pertama, dari Candipari di Kabupaten Sidoarjo menuju Kabupaten Mojokerto. Kemudian hari kedua menuju Kabupaten Jombang, hari ketiga kembali ke Kota Mojokerto dan di hari keempat akan menuju Surabaya, tepatnya di Gedung Negara Grahadi.

Djoko Supriyadi Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporspar) Kabupaten Sidoarjo menyatakan, dipilihnya Candipari karena cagar budaya tersebut merupakan peninggalan sejarah pertama di Sidoarjo, yang berkaitan erat dengan Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan nasional kedua setelah Sriwijaya.

“Dan ini merupakan spirit pertama yang akan dibangun oleh kita semua, khususnya keluarga besar olahraga di Jatim melalui penyulutan api Porprov,” ucapnya saat memberi sambutan dalam prosesi penyulutan dan kirab api.

Dengan semangat Mojopahit, ia berharap Porprov kedelapan Jatim yang diselenggarakan di empat Kabupaten/Kota tersebut bisa mewujudkan atlet-atlet yang berprestasi dan mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi lagi.

“Kita berharap betul, dengan penyulutan api Porprov di Candipari ini, akan membawa spirit dalam setiap laga di Porprov yabg akan datang. Mudah-mudahan acara ini akan berjalan dengan sukses,” tuturnya.

Seperti diketahui, gelaran Porporv VIII Jatim yang dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 16 September 2023 itu, akan menampilkan total 4.720 pertandingan di 120 venue.

Sebanyak 13.008 atlet yang terdiri dari 7.925 atlet putra dan 5.083 putri, akan memperebutkan 859 medali emas, 859 medali perak dan 1172 medali perunggu dalam 54 cabang olahraga. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs