Jumat, 1 Maret 2024

Gus Muhdlor: Porprov Jatim di Sidoarjo Jadi Ajang Memperkuat Sektor Ekonomi dan Pariwisata

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur pada acara Gowes Gemilang dan Launching Maskot Porprov ke-VIII Jawa Timur, Minggu (3/9/2023) pagi. Foto: Pemkab Sidoarjo

Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo mengatakan tahun 2023 menjadi kebanggaan tersendiri untuk Kota Delta. Pasalnya, tahun ini Kabupaten Sidoarjo menjadi tuan rumah perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-VIII Jawa Timur 2023.

Dia mengatakan Proprov ke-VIII Jatim ini tak hanya menjadi ajang olahraga, namun juga ajang memperkuat perekonomian dan sektor pariwisata bagi tuan rumah.

Hal tersebut tergambarkan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam menjadi tuan rumah, tak hanya menyiapkan dari sisi fisik lapangan dan atlet saja, namun juga dalam memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Porprov 2023 ini bukan hanya ajang olahraga saja, tetapi menjadi momen yang tepat untuk mempromosikan produk lokal hasil karya pengrajin UMKM Sidoarjo yaitu Batik Jetis Khas Sidoarjo. Selain itu juga ajang memperkenalkan Sidoarjo yang aman dan nyaman,” jelas Gus Muhdlor sapaan akrabnya dilansir dari laman resmi Pemkab Sidoarjo, Minggu (3/9/2023).

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur juga mengakui “Kampoeng Jetis” sebagai sentra batik terkenal yang nantinya membawa daya tarik sendiri.

“Jetis ini adalah sentra batik yang cukup tua, hal ini menjadi daya tarik sendiri nantinya bagi para tamu sebab pengrajin UMKM batik Jetis mampu menghasilkan kualitas batik yang halus serta harga yang terjangkau,” ucapnya di sela berkunjung bersama Bupati Gus Muhdlor pada acara Gowes Gemilang dan Launching Maskot Porprov ke-VIII Jawa Timur, Minggu pagi.

Khofifah juga berharap Sidoarjo akan lebih dikenal oleh semua masyarakat ataupun semua elemen yang melekat di Porprov ke-VIII Jatim 2023.

“Saya harap ini bukan hanya ajang warna olahraga tetapi juga warna wisata dan warna UMKM. Nantinya seluruh elemen yang ada di Porprov, seperti pemain/atlet, official, keluarga atlet mengetahui bahwa ada sentra batik jetis di Sidoarjo, dan juga mengenal sidoarjo lebih dekat, lebih luas, lebih mendalam, dan dapat di eksplor,” tegasnya.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur waktu melihat Batik Jetis Khas Sidoarjo. Foto: Pemkab Sidoarjo

Sekedar informasi, Kampoeng Batik Tulis Jetis berada di Kelurahan Jetis, Kecamatan Sidoarjo menjadi salah satu ikon batik di Sidoarjo.

Kampoeng Jetis merupakan salah tempat wisata Kabupaten Sidoarjo yang sudah ada sejak tahun 1675, namun mulai dikenal masyarakat pada tahun 1950-an.

Didalam Kampoeng Jetis ini terdapat beberapa pengrajin UMKM yang memiliki peranan dalam pembangunan dan pertumbuhan perekonomian daerah Sidoarjo.

Disetiap rumah pengrajin terdapat para penjual batik, baik yang masih berupa kain ataupun pakaian yang sudah jadi. Batik yang dijual memiliki kualitas yang baik karena diproduksi sendiri dengan teknik batik tulis.

Motif batik yang ada di Kampoeng Batik Jetis ini adalah motif Madura yang menandakan konektivitas kuat antara Budaya Sidoarjo dengan Madura. (bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Jumat, 1 Maret 2024
33o
Kurs