Minggu, 28 April 2024

Estafet Obor Porprov ke-VIII Jatim Kembali Sambangi Bumi Majapahit

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gaguk Tri Prasetyo Sekretaris Daerah Kota Mojokerto saat menyulut api obor Porprov ke-VIII Jatim di Pendopo Sabha Mandala Tama, Rabu (6/9/2023). Foto: Humas KONI Jatim

Kirab obor api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-VIII 2023 Jawa Timur (Jatim) kembali melintasi Bumi Majapahit, Rabu (6/9/2023). Kali ini, obor api diinapkan di Balai Kota Mojokerto, sebelum dikirab menuju Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Api obor yang diambil dari Candi Pari, Porong, Sidoarjo itu sebelumnya telah singgah di Kabupaten Mojokerto, Senin  (4/9/2023), berlanjut ke Kabupaten Jombang, Selasa (5/9/2023) kemarin, dan Kota Mojokerto Rabu sore tadi.

Sebelumnya, api yang melambangkan kobaran semangat para atlet untuk mengejar prestasi setinggi-tingginya ini diarak dari Kabupaten Jombang yang diserahkan oleh Agus Purnomo Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, kepada Gaguk Tri Prasetyo Sekretaris Daerah Kota Mojokerto di Pendopo Sabha Mandala Tama.

Dalam perjalanan menuju Kota Mojokerto, sepanjang jalan yang dilintasi disuguhkan kesenian tradisional khas Nusantara seperti jaranan, reog ponorogo, kuda lumping, tari remo, tarian tradisional lainnya, barongsai dan drumband dari sekolah-sekolah maupun perangkat desa.

Gaguk Tri berharap, para atlet dan ofisial Kota Mojokerto menggelorakan semangat membara sama seperti api obor Porprov Jatim ke-VIII 2023. Dia juga menginginkan capaian medali di setiap cabang olahraga (cabor), yang diikuti lebih baik dari Porprov sebelumnya.

“Harapannya, semangat dari atlet-atlet (seperti) api yang kita nyalakan, selalu membara. (Dan) yang jelas (prestasi) harus lebih baik dari sebelumnya. Saya lihat dari masing-masing cabor persiapannya juga bagus dan cukup matang,” tegas Gaguk Tri dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net.

Sebagai tuan rumah, Kota Mojokerto akan menghelat 10 cabor yakni, billiard, e-sport, sepak takraw, wushu, pentaque, dance sport, muaythai, kurash, gateball dan jujitsu.

Lebih lanjut Gaguk Tri menuturkan, obor api akan kembali diarak keliling Kota Mojokerto dimana rute kirab besok akan dimulai dari Balai Kota Mojokerto dan diantaranya akan melalui Jalan Gajah Mada, Taman Siswa, Alun-alun, Jalan Empunala melewati bypass Sekar Putih.

Kemudian, obor api akan diserah terimakan kepada Pengurus Besar (PB) Porprov ke-VIII dan lantas menuju ke Gedung Negara Grahadi.

“Sebelumnya sudah dikirab dari Kabupaten Mojokerto menuju Jombang. Saat ini kami singgahkan satu malam disini untuk besok Ibu Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari akan memberangkatkan untuk melanjutkan perjalanan lagi ke Surabaya dan Sidoarjo,” pungkasnya. (bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs