Minggu, 28 April 2024

Hughes Pembalap Formula E Pecahkan Rekor Tercepat Dalam Ruangan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jake Hughes Pembalap NEOM McLaren Formula E Team (5), melakukan putaran pada sesi latihan di Portland E-Prix 2023 di Portland International Raceway. Foto: Reuters

Jake Hughes pembalap Formula E asal Inggris, telah memecahkan rekor kecepatan dalam ruangan dengan kecepatan 218,71 kilometer per jam di dalam ExCeL Centre, London, dengan menggunakan mobil balap Gen3 yang telah dimodifikasi untuk kejuaraan balap mobil listrik tersebut.

Melansir Reuters pada Jumat (28/7/2023), acara tersebut merupakan sebuah duel dengan Lucas di Grassi juara Formula E 2016-17 asal Brasil dengan keduanya bergantian menggunakan mobil yang sama serta berlangsung secara tertutup pada Selasa malam waktu setempat di lintasan lurus sepanjang 346 meter.

Rekor yang disaksikan oleh Reuters tersebut kemudian diumumkan secara resmi pada hari Jumat (28/7/2023).

Lintasan sepanjang 2,09 kilometer itu menjadi tuan rumah dua putaran terakhir yang menentukan gelar juara musim ini pada hari Sabtu dan Minggu.

Rekor sebelumnya untuk kecepatan tercepat yang dicapai oleh kendaraan di dalam ruangan adalah 165,20 kilometer per jam yang ditetapkan oleh Leh Keen pembalap AS dalam mobil sport Porsche Taycan Turbo S di New Orleans Convention Center pada tahun 2021.

Menurut Guinness World Records, mobil harus memulai dan menyelesaikannya dalam keadaan berhenti dengan upaya yang dilakukan di dalam ruangan.

Hughes pembalap NEOM McLaren, yang telah melakukan tiga kali latihan sebelum upaya pemecahan rekor, melakukan pemanasan dengan kecepatan 214,80 kilometer per jam sebelum kemudian berlari dengan kecepatan 215,05 kilometer per jam dan 217,65 kilometer per jam melalui speed trap.

Hughes mengatakan bahwa mobilnya melaju dengan kencang di tikungan pembuka sebelum melaju di lintasan lurus dan mengerem dengan keras.

“Saya tidak tahu apakah 218 itu baik atau buruk,” kata pembalap Inggris itu.

“Saya merasa tidak pernah menginginkan sesuatu yang lebih dalam hidup saya selain rekor dunia, Ini adalah sesuatu yang tidak pernah saya pikirkan sebelumnya, namun ini akan langsung masuk ke dalam daftar riwayat hidup,” tambahnya.

Rekor tersebut tidak diragukan lagi dicapai menggunakan mobil GENBETA yang menampilkan output daya baterai sebesar 400kW dengan penggerak semua roda dan ban iON Hankook yang lebih lembut.

Jeff Dodds CEO baru Formula E mengatakan bahwa upaya memecahkan rekor ini lebih dari sekadar bersenang-senang sebelum balapan dimulai.

“Ini semua tentang menampilkan potensi dari apa yang bisa dilakukan oleh mobil balap listrik,” pungkasnya. (bnt/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs