Rabu, 17 April 2024

Imbangi Leverkusen di Leg ke-2, AS Roma Melaju ke Final Liga Eropa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain AS Roma merayakan keberhasilan timnya menembus partai final Liga Eropa pascakalahkan Sevilla, BayArena pada Jumat (19/5/2023) dini hari WIB. Foto: Reuters

AS Roma melaju ke final Liga Europa 2022/23 setelah bermain imbang 0-0 lawan Bayer Leverkusen di laga semifinal leg kedua di BayArena pada Jumat (19/5/2023) dini hari WIB.

Pasukan Jose Mourinho itu lolos ke partai final berkat kemenangan kandang 1-0 di leg pertama. Roma dipastikan menghadapi Sevilla di laga final setelah sebelumnya menyingkirkan wakil Italia lainnya Juventus.

Adapun partai final nanti juga akan menjadi yang keenam bagi Jose Mourinho di kompetisi Eropa di sepanjang karier kepelatihannya.

Melansir Antara, Leverkusen langsung tampil menyerang dan nyaris mencetak gol pada menit ke-11. Moussa Diaby menggiring bola ke kotak penalti, sebelum melepaskan tendangan yang masih membentur tiang kanan atas gawang AS Roma.

Tim tuan rumah kembali mengancam lewat tendangan Kerem Demirbay dari luar kotak penalti pada menit ke-20 dan 26. Namun, kedua percobaannya itu masih bisa diselamatkan kiper Rui Patricio.

Upaya lain dari Leverkusen belum juga membuahkan hasil pada menit ke-36. Tembakan Sardar Azmoun tepat mengarah ke Patricio. Babak pertama tuntas tanpa gol.

Leverkusen yang ingin mencetak gol memulai babak kedua dengan meningkatkan intensitas serangan. Sementara Roma semakin merapatkan pertahanan mereka.

Percobaan Azmoun pada menit ke-66 masih mengarah tepat ke tangan Patricio dan dibuang oleh Gianluca Mancini sebelum disambar oleh pemain Leverkusen. Kiper asal Portugal itu beberapa kali menyelamatkan gawang Roma dari serangan Leverkusen.

AS Roma berhasil mempertahankan keunggulan agregat 1-0 mereka sampai pertandingan selesai. Mereka akan menghadapi Sevilla di partai final, pada 31 Mei 2023 mendatang yang digelar di Puskás Aréna, Budapest, Hungaria. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
30o
Kurs