Jumat, 17 Mei 2024

Indonesia Batal Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Kini Beri Dukungan ke Arab Saudi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Erick Thohir Ketua Umum PSSI menyatakan Indonesia mendukung Arab Saudi sebagai calon tuan rumah Piala Dunia 2034. Foto: PSSI

Indonesia dipastikan batal mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Sebagai gantinya, PSSI memberikan dukungan penuh kepada Arab Saudi.

Niat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 sempat terucap oleh Erick Thohir Ketua Umum PSSI. Ia meyakini, setelah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, Indonesia punya kans untuk panggung yang lebih besar.

Namun, langkah untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 tentu tidak mudah. Indonesia harus bersaing dengan negara-negara lain yang juga tertarik. Seperti Arab Saudi, China, Australia-Selandia Baru, serta Kazakhstan-Uzbekistan.

Kemudian muncul pernyataan terbaru dari Erick Thohir melalui laman resmi PSSI pada Rabu (18/10/2023) pagi, bahwa Indonesia mendukung Arab Saudi sebagai calon tuan rumah Piala Dunia 2034.

“Indonesia mendukung Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Di sisi lain Indonesia terus mempersiapkan diri untuk bidding World Cup berikutnya untuk zona Asia setelah 2034 dan kompetisi FIFA lainnya,” ujar Erick lewat keterangan tertulisnya.

Sebelumnya, pada Selasa (17/10/2023) kemarin Dito Ariotedjo Menpora mengatakan, posisi Indonesia dalam bidding Piala Dunia 2034 adalah co-host. Hal ini sesuai dengan amanat dari Joko Widodo Presiden.

“Kami lagi mengikuti perkembangannya. Memang posisi Indonesia, yang Bapak Presiden inginkan, minimal bisa menjadi co-host,” kata Dito. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
31o
Kurs