Jumat, 29 Maret 2024

Indonesia Meraih Emas di Kejuaraan Internasional Taekwondo di Bulgaria

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ni Kadek Heni Prikasih (tengah) atlet taekwondo Indonesia memamerkan medali setelah berhasil meraih emas dalam kejuaraan Bulgaria Open 2023 di Sofia, Bulgaria, Minggu (5/3/2023). Foto: Antara

Tim nasional (timnas) taekwondo Indonesia berhasil meraih medali emas di kejuaraan Bulgaria Open 2023 yang berlangsung di Sofia, Bulgaria, pada 3-5 Maret 2023.

Laras Fitriana Novianty Sumarna manajer timnas taekwondo Indonesia mengatakan bahwa turnamen tersebut diikuti oleh tim pelatnas Taekwondo Indonesia, yang terdiri dari dua pelatih dan enam atlet.

“Dalam rangka try out menuju SEA Games Cambodia dan pengumpulan point menuju Olympic Paris,” ujar Laras yang ditulis Antara, Selasa (7/3/2023).

Turnamen Open Internasional level G2 tersebut diikuti sekitar 1500 atlet dari 29 negara. Kejuaraan ini mempertandingkan kategori Kadet, junior dan senior.

Medali emas diraih oleh Ni Kadek Heni Prikasih yang bertanding di kelas U-46 kilogram putri. Pada pertandingan final, Heni mengalahkan atlet Israel dengan skor akhir mutlak 2-0. Kedua atlet itu bertarung sengit dan agresif. Sejumlah variasi tendangan juga di arahkan, baik ke kepala maupun ke tubuh.

Dari tiga ronde pertandingan, Heni unggul dengan skor 13:9 di ronde pertama, dan di ronde kedua Heni Unggul 11:6. Dengan dua kemenangan pada dua ronde tersebut, Heni dipastikan meraih medali emas.

Atlet Indonesia yang juga bertanding di Bulgaria, yaitu Megawati Tamesti (U-53kg), Silvana Lamanda (U-63kg), Thoriq Muhammad (U-63kg), dan Osando Naufal (U-80kg).

Menurut Kim Seung-ill pelatih taekwondo Indonesia asal Korea Selatan, para atlet sudah tampil lepas dan kualitas penampilannya sudah semakin baik.

“Bagi taekwondoin muda, ini adalah pengalaman berharga untuk mengukur kualitas teknik, kondisi fisik dan kesiapan mental.” ujar Kim dikutip dari laman resmi KONI Pusat, Selasa.

Apresiasi diberikan oleh Marciano Norman Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

“Selamat kepada Ni Kadek Heni Prikasih yang berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Dengan berlatih lebih keras lagi, saya yakin akan adanya prestasi selanjutnya, di samping memotivasi atlet-atlet Indonesia lainnya untuk berprestasi,” kata Marciano

“Terima kasih atas kerja keras Heni, pelatih Kim, ofisial dan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) yang berhasil menorehkan prestasi.”

Keberhasilan Heni meraih emas juga disambut positif oleh H.M Thamrin Marzuki Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI).

“Hasil di Bulgaria ini menjadi pemicu motivasi untuk meraih hasil yang maksimal di SEA Games Kamboja nanti.” ujar Thamrin.

Selain ke Bulgaria, sebagian atlet pelatnas taekwondo Indonesia juga akan melakukan try out ke Filipina untuk mengikuti kejuaraan Asean Taekwondo Federation di Manila 10-12 Maret 2023 mendatang.

Tim yang akan bertanding ke Filipina terdiri dari Aqila Aulia, Dinda Putri, Adam Yazid, Nicholaus Armanto, Megawati dan Toriq.

Terkait dengan hasil tryout di Bulgaria tersebut, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) PBTI Fahmy Fachrezzy berharap agar turnamen yang diikuti timnas menjadi pengalaman penting.

Atmosfer dan suasana pertandingan diharapkan akan semakin baik membentuk mentalitas bertanding para atlet. Sebab, para atlet yang ikut adalah mereka yang terbaik dan berpengalaman secara nasional dan internasional. (ant/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs