Selasa, 25 Juni 2024

Jelang Sea Games Kamboja, Timnas Banyak Digembleng Latihan Taktik

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Indra Sjafri Pelatih Timnas Indonesia saat menjawab pertanyaan pewarta di lapangan latihan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (24/4/2023). Foto: Antara

Indra Sjafri Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-22 menyatakan, jelang berkompetisi di ajang Sea Games 2023 Kamboja, pihaknya memperbanyak porsi latihan taktik bagi anak asuhannya.

“Kami perbaiki atacking karena hasil evaluasi kita, finishing itu banyak bermasalah di sepertiga lapangan akhir. Jadi tadi diperbaiki, juga kondisi fisik di-maintain,” ucapnya seusai memimpin latihan di lapangan latihan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (24/4/2025).

Indra menyebut, dua pemain timnas U-22 yang berkarier di luar negeri, yakni Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan, telah tiba di Jakarta untuk bergabung bersama rekan-rekan setimnya.

Seperti yang dilansir dari Antara, Arhan telah mengikuti latihan bersama rekan-rekan lainnya, namun saat ini Marselino masih beristirahat.

Berbeda dengan Marselino yang telah beberapa kali memperkuat klubnya KMSK Deinze, Arhan belum banyak mendapat kesempatan bermain untuk Tokyo Verdy. Meski demikian, Indra yakin hal itu tidak mempengaruhi kualitas permainan Arhan.

“Kualitas latihan dia saya pikir bagus. Saya lihat begitu dia bergabung, hasil tes semua juga cukup oke. Dia juga siap untuk bermain di SEA Games,” ucap pelatih yang pernah membawa Indonesia memenangi medali perak SEA Games 2019 itu.

Sedangkan untuk Marselino, kehadirannya diyakini akan semakin membawa pengaruh positif ke dalam tim. Terlebih pemain kelahiran Jakarta itu belum lama ini sempat menyumbang gol untuk klubnya.

“Alhamdulillah, itu yang kita inginkan, semua pemain timnas yang bermain di klub makin lama makin bagus. Apalagi cetak gol, pasti makin percaya diri,” tambahnya.

Timnas U-22 untuk mengikuti SEA Games ini mayoritas dihuni oleh pemain-pemain muda yang telah tampil reguler di level klub, baik di kompetisi Liga 1 maupun Liga 2. Oleh sebab itu, pelatih Indra merasa dirinya tidak mengalami kesulitan untuk menyusun kekuatan terbaik Garuda Muda.

“Saya menyatukan orang-orang Indonesia saja kok, bukan orang asing. Ini mereka benar-benar main di klub reguler dan pada umumnya ada beberapa pemain yang sudah beberapa kali bergabung di timnas. Mungkin hanya satu atau tiga pemain yang benar-benar baru, itu Haykal, Taufany, Sroyer. Tapi yang lain, 17 pemain merupakan langganan timnas,” ujarnya.

Sampai saat ini, Indra menyatakan ke-20 pemain yang dibawanya memiliki kesempatan yang sama untuk bermain di tim pertama. Sehingga masing-masing pemain diharapkan memperlihatkan kemampuan terbaiknya, baik dalam sesi latihan ataupun saat dimainkan dalam pertandingan.

“Semua pemain punya kesempatan yang sama, pasti 20 pemain itu semua pemain inti. Kita akan melakoni enam pertandingan dan enam laga itulah yang akan dilakukan rotasi untuk menentukan yang paling tepat 11 pemain, siapa melawan siapa,” ujarnya.

Sebagai diketahui, Timnas U-22 direncanakan akan berangkat ke Kamboja pada Selasa (25/4) pukul 04.30 WIB. Selanjutnya mereka diagendakan akan bertanding melawan Filipina pada 29 April, kemudian Myanmar pada 4 Mei, Timor Leste pada 7 Mei, dan menyelesaikan pertandingan fase grup dengan menghadapi Kamboja pada 10 Mei.(ant/ris/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
25o
Kurs