Rabu, 28 Februari 2024

Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Selebrasi para pemain Jerman setelah Almugera Kabar mencetak gol penentu yang membawa mereka juara Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu (2/12/2023). Foto: FIFA

Jerman menjuarai Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Surakarta pada Sabtu (2/12/2023) malam. Mereka mengalahkan Prancis dalam drama adu penalti dengan skor 4-3. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Pertandingan babak pertama dibuka oleh gol Paris Brunner pada menit ketiga. Namun gol itu dianulir karena Max Moerstedt terjebak offside saat memberi umpan sundulan kepada Brunner di kotak penalti Prancis.

Gol Jerman akhirnya tercipta dari eksekusi penalti Brunner pada menit ke-29. Hadiah penalti itu berawal dari pelanggaran oleh Aymen Sadi bek Prancis kepada Bilal Yalcinkaya striker Jerman.

Awalnya Espen Eskas wasit tidak mengganggap itu sebagai pelanggaran. Namun ia kemudian meninjaunya melalui Video Assistant Referee (VAR). Wasit akhirnya menganggapnya sebagai pelanggaran dan memberi penalti untuk Jerman.

Selepas itu, Prancis terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan melalui aksi Saimon Bouabre dan Yvann Titi. Namun upaya keduanya belum berbuah gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Jerman menutup jalannya laga di babak pertama.

Selebrasi Paris Brunner usai mencetak gol ke gawang Prancis di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu (2/12/2023). Foto: FIFA

Paruh kedua dibuka dengan gol Noah Darvich kapten Jerman pada menit ke-51. Berawal dari counter attack cepat, Darvich yang tidak terkawal, memaksimalkan umpan Max Moerstedt untuk menjebol gawang Prancis. Kini Jerman unggul 2-1.

Tidak butuh waktu lama bagi Prancis untuk memperkecil kedudukan. Mereka mengejar ketertinggalan lewat gol Bouabre pada menit ke-53. Sepakan Bouabre gagal diantisipasi Konstantin Heide kiper Jerman.

Petaka untuk Jerman hadir pada menit ke-69. Mereka harus bermain dengan sepuluh orang setelah Winners Osawe diganjar kartu kuning kedua usai melanggar Ismail Bouneb.

Harus berjuang dengan sisa sepuluh pemain menjadi masalah besar untuk Jerman. Mereka nyaris bertahan total dan hanya mengandalkan serangan balik.

Prancis akhirnya menyamakan kedudukan lewat gol Mathis Amougou pada menit ke-84. Berasal dari umpan Tidian Gomis, Amougou yang berdiri tanpa kawalan berhasil menjebol gawang Jerman. Kedudukan menjadi sama kuat 2-2.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga berakhirnya waktu normal. Maka pertandingan final ini harus ditentukan lewat adu penalti.

Dalam adu penalti dua penendang Jerman, Eric Da Silva Moreira dan Paris Brunner gagal. Sementara empat lainnya, yakni Robert Ramsak, Max Moerstedt, Fayssal Harchaoui, Almugera Kabar dan berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Sementara dari kubu Prancis, ada tiga pemain yang gagal mengeksekusi penalti, yaitu Nhoa Sangui, Bastien Meupiyou, dan Tidiam Gomis. Sementara itu, Joachim Kayi Sanda, Ismail Bouneb, Joan Tincres berhasil mencetak gol lewat penalti.

Kemenangan ini makin melengkapi pencapaian Jerman pada tahun ini. Sebelumnya, mereka menjuarai Euro U-17 2023 pada Juni lalu. Selain itu, ini adalah gelar juara perdana Jerman di Piala Dunia U-17. (saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs