Senin, 20 Mei 2024

Juarai MotoGP Mandalika, Bagnaia Naik ke Puncak Klasemen

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Bagnaia, Maverick Vinales, dan Fabio Quartararo di podium MotoGP Mandalika Indonesia, Minggu (15/10/2023). Foto: Twitter @motogp

Francesco Bagnaia pebalap Ducati Lenovo Team menang dalam balapan penuh drama di MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix 2023, Minggu (15/10/2023).

Sejak awal balapan, Jorge Martin pebalap Prima Pramac tampil dominan. Pria 25 tahun itu sudah merebut posisi terdepan dengan posisi start keenam sejak tikungan pertama.

Namun Jorge Martin terjatuh pada lap ke-13. Dia kehilangan grip saat menikung di turn 11 dan membuat Maverick Vinales dari Aprilia Racing menjadi rider terdepan.

Situasi itu menguntungkan buat Bagnaia, yang start dari posisi 13 dan perlahan merangsek ke depan sepanjang balapan. Bagnaia berada di posisi enam di lap pertama.

Kemudian sudah ada di posisi ketiga di lap ketiga, di belakang Martin dan Vinales. Lalu di lap ke-17, Bagnaia menyalip Vinales untuk memimpin balapan hingga selesai. Vinales berada di urutan dua dan Fabio Quartararo di urutan tiga.

Kemenangan ini membuat Bagnaia kembali memuncaki klasemen MotoGP 2023 dengan 346 poin, unggul 18 poin atas Martin.

Drama Mandalika

Di lap ketiga, drama terjadi saat Luca Marini ditabrak Brad Binder hingga terjatuh. Pebalap KTM itu akhirnya terkena long lap penalty.

Memasuki lap delapan, kesialan juga dialami Marc Marquez. Pebalap Repsol Honda itu terjatuh di tikungan 13 dan gagal finis. Marquez juga sebelumnya gagal finis di Sprint Race MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix 2023 karena jatuh di lap pertama. (ham)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
30o
Kurs