Selasa, 30 April 2024

Kualifikasi Euro 2024: Timnas Inggris dan Prancis Pesta Gol

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Callum Wilson saat mengeksekusi penalti yang membuat Inggris unggul 4-0 atas Malta dalam matchday ketiga kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024, Sabtu (17/6/2023) dini hari WIB. Foto: Reuters

Tim nasional (timnas) Inggris sukses pesta gol 4-0 atas Malta, dalam matchday ketiga kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024 di grup C, Sabtu (17/6/2023) dini hari WIB.

Melansir laporan Antara, gol-gol Inggris yang berstatus sebagai tamu, dicetak oleh bunuh diri Ferdinando Apap, Trend Alexander-Arnold, Harry Kane dan Callum Wilson.

Dalam pertandingan di Ta’Qali National Stadium, The Three Lions membuka skor ketika laga baru berjalan delapan menit. Bek Malta, Ferdinando Apap mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi umpan Bukayo Saka. Skor menjadi 1-0.

Tim tamu menggandakan keunggulan pada menit ke-28 lewat gol Trent Alexander-Arnold. Bek sayap Liverpool itu melepaskan bola tembakan dari luar kotak penalti yang menjebol gawang Malta untuk menambah keunggulan Inggris 2-0.

Tim asuhan Gareth Southgate mendapat hadiah penalti dua menit kemudian, karena Harry Kane dijatuhkan pemain lawan di kotak terlarang. Penyerang Tottenham Hotspur itu maju sebagai eksekutor dan sukses mengubah skor menjadi 3-0.

Selepas jeda istirahat, Inggris tetap bermain agresif di babak kedua. Wasit kembali memberikan hadiah penalti kepada Inggris pada menit ke-83 setelah pemain Malta, Steve Borg melakukan handball.

Kali ini giliran Callum Wilson yang mengeksekusi tendangan penalti dan sukses menaklukkan Henry Bonello kiper Malta, dan membawa Inggris menjauh 4-0.

Skor 4-0 untuk Inggris bertahan hingga pluit panjang berbunyi. Skuat asuhan Gareth Southgate membawa pulang tiga poin.

Kemenangan ini membuat Inggris kukuh di puncak Grup C dengan 9 poin. Malta tidak beranjak dari posisi buncit tanpa meraih satu pun poin dari tiga pertandingan.

Sementara pertandingan lain, Prancis juga menang meyakinkan lawan Gibraltar tiga gol tanpa balas dalam matchday ketiga Grup B di Stadion Algarve, Portugal, Sabtu dini hari WIB.

Tiga gol Prancis masing-masing dicetak oleh Oliver Giroud, Kylian Mbappe dan bunuh diri Aymen Mouelhi.

Para pemain Timnas Prancis merayakan gol yang dicetak Kylian Mbappe dalam matchday ketiga Grup B di Stadion Algarve, Portugal, Sabtu (17/6/2023) dini hari WIB. Foto: Reuters

Tim tamu sudah langsung unggul saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Kingsley Coman bergerak di sisi kanan dan melepaskan umpan silang yang disundul Olivier Giroud masuk ke gawang kiper Gibraltar, Dayle Coleing. Prancis unggul 1-0.

Prancis menambah keunggulan jelang akhir babak pertama setelah wasit menghadiahkan penalti akibat handball Roy Chipolina. Kylian Mbappe yang maju sebagai eksekutor sukses mengubah skor menjadi 2-0.

Les Bleus kembali mencetak gol pada menit ke-78. Kali ini dari gol bunuh diri Aymen Mouelhi, yang salah mengantisipasi umpan silang mendatar Mbappe dan masuk ke gawangnya sendiri.

Tidak ada gol tambahan hingga pertandingan berakhir. Prancis menang 3-0 dan masih sempurna dari tiga pertandingan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Tim asuhan Didier Deschamps itu memimpin Grup B dengan sembilan poin, disusul Yunani dan Belanda yang masing-masing merebut tiga poin.
Sementara Gibraltar masih tanpa angka di dasar klasemen, kalah selisih gol dari Republik Irlandia.

Berikut hasil lengkap pertandingan Kualifikasi Euro 2024 pada 16 dan 17 Juni:

Jumat 16 Juni 2023
Finlandia 2-0 Slovenia

Sabtu 17 Juni 2023
Malta 0-3 Inggris
Latvia 2-3 Turki
Makedonia Utara 2-3 Ukraina
Kosovo 0-0 Rumania
Yunani 2-1 Irlandia
Belarus 1-2 Israel
Wales 2-4 Armenia
Denmark 1-0 Irlandia Utara
Gibraltar 0-3 Prancis
San Marino 0-3 Kazakhstan. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
31o
Kurs