Sabtu, 20 April 2024

Kualifikasi Euro: Inggris Atasi Italia, Portugal Libas Liechtenstein 4-0

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Harry Kane saat mengeksekusi bola melalui titik putih dalam pertandingan Kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024 antara Inggris melawan Italia di Stadion Diego Armando Maradona, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB. Foto: BBC

Timnas Inggris sukses mengatasi perlawanan Italia dengan skor akhir 2-1, dalam matchday pertama Grup C Kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024 di Stadion Diego Armando Maradona, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB.

Inggris langsung memimpin dua gol di babak pertama lewat gol Declan Rice dan Harry Kane sebelum Italia membalas satu gol melalui Mateo Retegui.

Gol yang dicetak Kane, membuatnya melampaui rekor gol terbanyak untuk The Three Lions yang sebelumnya dipegang Wayne Rooney. Penyerang Tottenham Hotspur itu resmi menjadi top skorer sepanjang masa Timnas Inggris dengan torehan 54 gol, unggul satu gol atas rekor Rooney.

Sementara melansir Antara, kemenangan tesebut membuat Inggris memuncaki Grup C dengan torehan tiga poin, sedangkan Italia menempati peringkat lima.

Inggris membuka keunggulan pada menit ke-13. Berawal dari sepak pojok, bola rebound di kotak penalti langsung disambar Declan Rice yang tidak dapat ditangkap kiper Gianluigi Donnarumma.

Jelang turun minum, Inggris mendapatkan hadiah penalti karena Di Lorenzo melakukan handball setelah dicek melalui VAR. Kane yang maju sebagai eksekutor sukses membawa Inggris memimpin 2-0 pada menit ke-44.

Selepas jeda istirahat, Italia mencoba menekan Inggris dan menciptakan beberapa peluang untuk mengejar ketertinggalan.

Usaha tuan rumah akhirnya berbuah gol pada menit ke-56. Lorenzo Pellegrini dengan jeli mengirimkan umpan ke Mateo Retegui sebelum dia menuntaskan peluang menjadi gol. Italia memperkecil skor menjadi 1-2.

Italia gagal memanfaatkan keunggulan pemain untuk mencetak gol kedua. Inggris mampu mempertahankan keunggulan 2-1 mereka hingga pertandingan selesai.

Adapun dalam pertandingan lainnya, Portugal melibas Liechtenstein empat gol tanpa balas dalam pertandingan Grup J Kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024 di Estadio Jose Alvalade, Jumat dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo mencetak dua gol di laga ini sekaligus mencatat rekor baru. Dua gol lainnya dicetak oleh Joao Cancelo dan Bernardo Silva.

Hasil ini membuat Portugal sementara memimpin klasemen Grup J dengan 3 poin, unggul selisih gol dari Bosnia-Herzegovina yang mengalahkan Islandia 3-0. Liechtenstein menempati posisi juru kunci.

Portugal membuka skor saat pertandingan baru berjalan delapan menit. Bermula dari tendangan sepak pojok, tembakan jarak jauh Joao Cancelo mengenai Lars Traber dan Ronaldo sebelum gagal ditepis sempurna oleh Benjamin Buchel kiper. Gol tersebut tercatat atas nama Cancelo. Hasil 1-0 bertahan hingga turun minum.

Portugal berhasil menambah keunggulan mereka saat babak kedua baru berjalan dua menit. Bernardo Silva mencatatkan namanya di papan skor.

Umpan silang Cancelo diblok lawan, tetapi bola rebound di kotak penalti disambut Silva dengan sempurna. Kedudukan menjadi 2-0.

Pada menit ke-50, Portugal mendapatkan hadiah penalti setelah Cancelo dijatuhkan di kotak terlarang. Ronaldo maju sebagai algojo dan melepaskan sepakan keras ke sudut kiri bawah. Liechtenstein tertinggal tiga gol.

Ronaldo mencetak gol keduanya pada menit ke-63 lewat tendangan bebasnya ke sudut kanan atas gawang Buchel. Kedudukan menjadi 4-0.

Portugal terus mendominasi. Hingga memasuki 10 menit akhir, Liechtenstein hanya mencatatkan satu shot on target. Tidak ada gol tambahan hingga akhir laga. Skor 4-0 untuk kemenangan Portugal.

Ini juga kemenangan perdana Roberto Martinez sebagai pelatih bersama timnas Portugal, sejak ditunjuk pada Januari lalu untuk menggantikan Fernando Santos. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs