Sabtu, 27 April 2024

Liga Eropa: Juve hingga United ke Perempat Final, Arsenal Malah Tersingkir

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gabriel martinelli pemain Arsenal gagal mencetak gol melalui titik putih saat babak adu penalti pertandingan leg kedua Liga Eropa menjamu Sporting Lisbon, di Emirates Stadium, Jumat (17/3/2023). Foto: Reuters

Sebanyak delapan klub sudah memastikan diri lolos ke perempatfinal Liga Eropa 2022-2023 pada laga leg kedua 16 besar, Jumat (17/3/2023) dini hari.

Melansir laporan Antara, Juventus jadi tim Italia pertama yang mengamankan tempat di delapan besar setelah menekuk Freiburg 2-0 dalam laga di Europa-Park Stadiun pada Jumat dini hari tadi.

Dua gol kemenangan Juventus masing-masing diciptakan oleh Dusan Vlahovic dan Federico Chiesa di akhir babak kedua. Hasil ini membuat Si Nyonya Tua menang agregat 3-0, setelah sukses mengalahkan Freiburg 1-0 di leg pertama.

Kemudian di pertandingan lain, ada AS Roma yang menemani Juve sebagai sesama perwakilan Italia di babak selanjutnya. Meski bermain imbang 0-0 di Reale Arena, Roma tetap melaju ke perempatfinal setelah unggul agregat 2-0 atas Sociedad.

Real Sociedad mendominasi sepanjang pertandingan dan berhasil melepaskan 19 pertandingan, tetapi hanya tiga percobaan yang mengarah ke gawang. Sementara Roma cuma melepaskan tiga tembakan dan tidak satupun yang on target.

Adapun dalam pertandingan lain, Manchester United jadi satu-satunya tim Inggris yang melaju ke babak delapan besar. Tim Asuhan Erik ten Hag sukses membukukan kemenangan tipis 1-0 atas Real Betis di Stadion Benito Villamarin.

Marcus Rashford menjadi pahlawan kemenangan MU dengan gol semata wayangnya di pertandingan ini. The Red Devils melaju ke babak selanjutnya dengan agregat 5-1 setelah menang 4-1 di pertandingan leg pertama.

Berbeda dengan United, Arsenal yang notabene pemuncak klasemen Liga Inggris justru tersingkir dari Liga Europa 2022-2023, usai kalah adu penalti 3-5 lawan Sporting Lisbon di Emirates Stadium. The Gunners hanya bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan.

Arsenal sejatinya mampu unggul pada menit ke-19 lewat gol Granit Xhaka, sebelum dibalas Sporting pada menit ke-62 lewat tembakan spektakuler dari tengah lapangan yang dilesakkan Pedro Goncalves alias Pote.

Memasuki babak tambahan, tepatnya pada menit ke-118, Arsenal sejatinya punya peluang setelah Sporting harus bermain dengan 10 orang karena Manuel Garte dikartu merah usai tekelnya kepada Bukayo Saka.

Berlanjut ke babak adu penalti, lima eksekutor tim tamu sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna, sementara satu penendang penalti Arsenal, Gabriel Martinelli, gagal mencetak gol. Arsenal gagal melaju ke babak selanjutnya.

Sementara itu, berikut daftar 8 klub yang lolos perempatfinal Liga Eropa 2022-2023:

  • Manchester United (Inggris)
  • Juventus (Italia)
  • AS Roma (Italia)
  • Feyenoord (Belanda)
  • Sevilla (Spanyol)
  • Sporting CP (Portugal)
  • Bayer Leverkusen (Jerman)
  • Union St Gilloise (Belgia). (ant/bil/ipg)
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs